RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema :
Kegemaran
Kelas/Semester : IV /
II
Standar
Kopetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis
dalam bentuk kata.kalimat dan karangan, penggumuman dan pantun anak.
Kopetensi
dasar :
Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan EYD ( Ejaan Yang Disempurnakan )
hurup kafital
Alokasi
waktu : 1 X 35 Menit
A.Tujuan pembelajaran
1. Siswa mampu menulis hurup kafital dalam kata-kata
2. Siswa mampu menulis hurup kafital
dalam kalimat
3. Siswa mampu menulis sebuah
karangan dengan memperhatikan penggunaan EYD ( Ejaan Yang Disempurnakan ) Hurup kafital.
Karakter siswa yang di harapkan :
Dapat di percaya,Tekun dalam mengerjakan tugas, dan tanggung jawab.
B.Materi pokok pembelajaran
- Terampil
menulis dalam karangan dengan melihat pemakaian huruf kafital
C.Langkah – langkah Pembelajaran
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
METODE
|
1.
|
Pedahuluan
a.Guru
memeriksa kehadiran siswa , kebersihan kelas , berdoa, dan
mempersiapkan bahan ajar.
b.Memperingatkan
cara duduk yang baik
c.Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan di
capai.
|
5 menit
|
Ceramah
|
2.
|
Kegiatan inti
a.Eksplorasi
1. Guru membacakan sebuah cerita pendek
dan menjelaskan bagian
mama yang menggunakan EYD.
2. Meminta siswa mendengarkan dan
menyimak dengan baik.
3. Guru memperlihatkan sebuah cerita
tersebut.
4. Meminta siswa memahami cerita yang di
sampaikan.
b.Elaborasi
1. Guru menjelaskan cara penggunaan EYD
dalam membuat sebuah
karangan.
2. Guru melakukan tanya jawab tentang
penulisan EYD yang tepat,
Contoh: penulisan dalam kalimat
awal, penulisan nama
orang,nama tempat,
nama daerah,dan lain-lain.
3. Guru menjelaskan cara membuat sebuah
karangan dengan
menggunakan EYD yang baik dan
benar.
c.Konfirmasi
1. Guru memandu siswa dalam mengambil
kesimpulan dan
menanyakan kesulitan-kesulitan yang
di hadapi siswa.
2. Guru memberikan penjelasan tentang
kesulitan siswa
3. Guru membimbing siswa dalam membuat
sebuah karanggan yang
menggunakan EYD yang tepat ( Huruf
kafital )
|
25
Menit
|
Tanya
jawab
Demontrasi
Diskusi
Penugasan
|
3.
|
Penutup
a.Memberikan
tugas kepada siswa
b.Melakukan
penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram.
c.Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan di sampaikan pada
pertemuan berikutnya.
|
5 Menit
|
Ceramah
|
D. Media atau Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Indonesia SD Kelas IV
2. LKS Bahasa Indonesia
E. Penilaian
1. Tes lisan :
Tanya jawab
2. Tes tertulis : Membuat Kata-kata, kalimat, dan karangan
Tanjung Lebar,
Guru
Mata Pelajaran
KADRIZAL,S.Pd
NIP.196803231992031006
No comments:
Post a Comment