Wednesday 8 May 2013

BIMBINGAN TEKNIS MANAJEMEN PROFESIONALISME GURU

Deskripsi Fakta    Indikator
    No.    Butir
   





   



















       
       


Dimensi Tugas Utama II:
Pelaksanaan Pembelajaran yang Aktif dan Efektif

Sebelum Pengamatan
Tanggal   
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa   
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru











Tindak lanjut yang diperlukan:







 Setelah Pengamatan
Tanggal   
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa   
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru

















Tindak lanjut yang diperlukan:








Format penilaian kinerja:

Indikator    Butir Penilaian Indikator Kinerja    Hasil Penilaian
        Ya    Tidak
1.    Guru memulai pembelajaran dengan efektif    a.    Melakukan apersepsi       
    b.    Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan       
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja   
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]   
2.    Guru menguasai materi pelajaran    a.    Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.       
    b.    Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata .       
    c.    Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.       
    d.    Kemampuan menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)       
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja   
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
   
3.    Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif    a.    Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai       
    b.    Melaksanakan pembelajaran secara runtut       
    c.    Menguasai kelas       
    d.    Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual       
    e.    Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)       
    f.    Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan       
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja   
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]   
4.    Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
    a.    Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran        
    b.    Menghasilkan pesan yang menarik        
    c.    Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran       
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja   
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]   
5.    Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran    a.    Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar        
    b.    Merespon positif partisipasi siswa        
    c.    Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa        
    d.    Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif        
    e.    Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar       
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja   
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]   
6.    Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
    a.    Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar        
    b.    Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar       
    c.    Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai       
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja   
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]   


No comments:

Post a Comment