Sunday, 5 May 2013
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PETRIANI
LAPORAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SD NEGERI NO.164 TANJUNG LEBAR
KECAMATAN SUNGAI BAHAR
KABUPATEN MUARO JAMBI
DI SUSUN OLEH :
NAMA : PETRIANI
NIM : TM. 081306
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
SULTHAN THAHASAIFUDDIN JAMBI
TAHUN AKADEMIK 2011/2012
PENGESAHAN LAPORAN
HASIL PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SD NEGERI NO. 164/IX TANJUNG LEBAR
KABUPATEN MUARO JAMBI
Laporan Hasil Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Atas nama PETRIANI di SD Negeri No 164/IX Tanjung Lebar selama 3 bulan dari tanggal 15 september 2011 sampai 15 november 2011, dinyatakan sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan di lapangan, antara lain:
• Latihan mengajar
• Bimbingan Belajar
• Administrasi Pendidikan
Tanjung Lebar 15 nopember 2011
Disahkan Oleh:
Kepala Sekolah
SD N 164 Tanjung Lebar Dosen Pembimbing
KADRIZAL .S.Pd Dra.Umil muhsinin. M.Pd
Nip : 196803231992031006 NIP:196804151995032002
KEMENTRIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI
PPL FAKULTAS TARBIYAH
PENGESAHAN
Laporan Kegitan Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SD N 164 Desa Tanjung Lebar Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi sebagai syarat untuk menyelesaikan program Strata satu (S1) Jurusan Matematika pada fakultas Tarbiyah IAIN STS Jambi.
Tanjung Lebar,15 nopember 2011
Kepala SDN 164 Tanjung Lebar Disahkan Oleh: Mahasiswa PPL
Dosen Pembimbing
KADRIZAL. S.Pd Dra. UMIL MUHSININ. M.Pd PETRIANI
Nip : 196803231992031006 NIP:196804151995032002 NIM:081306
SURAT KETERANGAN TUGAS
Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala SDN 164 Tanjung Lebar
Menerangkan bahwa:
Nama : PETRIANI
NIM : TM 081306
Jurusan : MATEMATIKA
Fakultas : Tarbiyah
Bahwasannya nama tersebut diatas benar telah melaksanakan PPL di SD Negeri 164/IX Tanjung Lebar, tehitung mulai 15 september 2011 sampai 15 nopember 2011 dengan baik.
Demikianlah Surat Keterangan ini dibuat, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinnya.
Tanjung Lebar 15 Nopember 2011
Kepala SekolahSDN 164
Tanjung lebar
KADRIZAL. S.Pd
Nip : 196803231992031006
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allh SWT, penulis dapat menyelesaikan naskah laporan kegiatan PPL yang dilaksanakan di SDN 164 Tanjung Lebar Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi, selama 3 bulan terhitung 15 september 2011 - 15 nopember 2011.
Dengan selesainya proses pelaksanaan kegiatan PPL yang telah dilaksanakan dengan baik, maka penulis banyak mengucapakan terima kasih kepada yang terhormat:
1. Bapak Rektor IAIN STS Jambi.
2. Bapak Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN STS Jambi.
3. Bapak Ketua PPL IAIN STS Jambi.
4. Ibu Dosen Pembimbing.
5. Bapak Kadrizal. S.Pd Selaku Kepala Sekolah SDN 164 Tanjung Lebar.
6. Ibu Yuzarni Selaku Guru Pamong.
7. Segenap majelis guru dan siswa-siswi SDN 164 Tanjung Lebar yang telah berpartisipasi dan bekerjasama dengan baik, sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik dan sukses.
Semoga bantuan dan dorongan serta bimbingan yang telah diberikan kepada penulis dapat diterima menjadi amal sholeh disisi Allah SWT, Amin Ya Robbal Alamin.
Akhir peulisan mengharapkan semoga tulisan/laporan ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.
Tanjung Lebar, 15 November 2011
Guru Pratikum
PETRIANI
NIM : TM.081306
DAFTAR ISI
HALAMAN PENGESAHAN………………………………………………………………...
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………
DAFTAR ISI………………………………………………………………………………….
BAB 1 PENDAHULUAN……………………………………………………………………
1.1. LATAR BELAKANG…………………………………………………………
1.2. TUJUAN PPL………………………………………………………………..
1.3. Waktu dan pelaksanaan PPL……………………………………………..
BAB II GAMBARAN SDN 164 TANJUNG LEBAR………………………………..
2.1. Sejarah berdirinya SDN 164 Tanjung Lebar…………………………….
2.2. Fasilitas dan Fisik Sekolah………………………………………………..
2.3. Kegiatan Pembelajaran……………………………………………………
2.4. Struktur Organisasi…………………………………………………………
2.5. Staf Pengajar dan Pengembangan Jumlah Siswa……………………
2.6. Roster Pelajaran……………………………………………………………
2.7. Kalender Pendidikan………………………………………………………
BAB III TAHAP MENGAJAR………………………………………………………..
3.1. Kegiatan Mingguan……………………………………………………….
3.2. Perangkat Pembelajaran…………………………………………………
3.3. Struktur Organisasi Mahasiswa PPL……………………………………
3.4. Daftar nama Mahasiswa PPL…………………………………………….
3.5. Rencana Pembelajaran…………………………………………………..
3.6. Silabus………………………………………………………………………
3.7. Program semester…………………………………………………………
3.8. Daftar Kehadiran Mahasiswa…………………………………………….
BAB IV PENUTUP……………………………………………………………………
4.1. Kesimpulan…………………………………………………………………
4.2. Saran………………………………………………………………………..
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1. Latar belakang masalah
Praktek pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program pendidikan fakultas tarbiyah IAIN STS jambi, yang dirancang dan ditetapkan bagi mahasiswa S,1 maupun Akta IV. Tujuan melatih dan mengembangkan ketrempilan dan kemampuan dibidang pengejaran lingkungan sekolah secara langsung.
Program PPL diharapkan mahasiswa yang melaksanakan dapat dijadikan wadah belajar. Latihan dan pengembangan empiris sebagai tenaga pengaja yang merupakan bakal setelah menyelesaikan pendidikannya.
Praltek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan penerapan dari teori-teori yang telah didapat sewaktu kuliah tatap muka. Dalam masa teori-teori tersebut diaplikasikan dengan baik,efektif,efisien, sesuai siruasi dan kondisi pengejaran Propesional keguruan yang memadai semakin baik semasa dan sesudah PPL. Dan menjadi modal berharap untuk tenaga pengajar yang propesional.
1.2. Tujuan PPL
Tijuan Praktek lapangan (PPL)
1. Bagi mahasiswa PPL
a. memberikan pengalaman mengajar secraa nyata dan latihan sejumlah
keterampilan dan mengajar secaraterpisah.
b. menebangkan keterampilan mengajarnya sebelum mereka menggeluti
lingkungan mengajar sebenarnya.
c. memberikan kemungkinan untuk mendapatkan mecam-macam
keterampilan dan mengajar serta memahami kapan dan bagaimana keterampilan itu diterapkan.
2. Manfat Bagi Mahasiswa PPL dan Bagi Guru
a. Memberikan penyegaran dalam program pengajaran
b. Meperoleh pengalaman yang bersifat individual demi perkembangan propesinya.
c. Mengembangkan sikap terbuka melalui pembahruan pendidikan disekolah.
1.3. PPL Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kegiatan praktek pengalaman lapangan (PPL) dilaksanakan mulai dari sejak
Mendapat surat perintah PPL dari Bapak Ketua PPL dari tanggal 15 september s/d tanggal 15 nopember 2011. bertempat di SDN 164 tanjung lebar kecamatan bahar selatan kabupaten Muaro Jambi.
BAB II
GAMBARAN UMUM SDN 164 TNAJUNG LEBAR
2.1. Sejarah Berdirinya SDN 164 TANJUNG LEBAR
Asal mulanya berdiri SDN 164 Desa Tanjung Lebar yaitu pada tahun 1990 SD ini merupakan salah satu dari beberapa SD yang berada di kabupaten muaro jambi yang memiliki gedung yang permanent.Pada tahun 1990 dan bersamaan dikeluarkannya surat keteranga Nomor Statistik dari Departemen Pendidikan dengan nomor : 100100907008 ,merubah statusnya menjadi “Terakreditasi C’. identitas sekolah ini juga telah diakui oleh Departemen Pendidikan Nasonal Kabupaten Muaro Jambi.
2.2. Fasilitas fan Keadaan Fisik Sekolah
SDN 164 Desa Tanjung Lebar kecamatan Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi mempunyai fasilitas belajar yang cukup memadai untuk dijadikan lembaga pendidikan. Untuk tingkat SD (sekolah dasar) ini memiliki 3 lokal ruang belajar dan 1 s/d 6 rombel sedangkan Ruang kantor kepala sekolah dan ruang guru-guru saturuang gedung perpustakaan.
2.3. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari kurikulum yang digunakan di SDN 164 yaitu kurikulum KTSP (kurikulum tingkat satuan pendidikan) yang mengedepankan kopetensi siswa bukan hanya pada penugasan materi saja. Memberikan siswa dengan berbagai keterampilan yang bermanfaat agar setelah lulus siswa mempunyai kompetensi yang berguna dalam kehidupan nyata.
Pendekatan pembelajaran dilakukan dengan beberapa proses pembelajaran yang selalu menyesuaikan dengan perkembangan globalisasi pendidikan diantaranya:
1. Pembelajaran perpustakaan.
2. Mempelajari yang berintegrasi melalui proyek atau kegiatan yang nyata.
3. Berorientasi pada kecakapan hidup dunia pendidikan perkembangan zaman.
4. Mengembangkan tiga aspek belajar (kognitif, efektif, psikomotorik)
5. Lebih menekankan pada penelitian proses yang mengacu pada multiple intelgence.
2.4. Struktur Organisasi Sekolah
SDN 164 Desa Tanjung Lebar Kecamatan sungai Bahar kabupaten Muaro Jambi Memiliki struktur yang memadai, sehingga setiap guru mempunyai tugasnya masing-masingdan bertanggung jawab.
Adpun Bagan Struktur Organisasi SDN 164 Desa Tanjung Lebar Kecamatan sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi Sebagai Berikut:
JUMLAH SISWA
SD NEGERI NO. 164/IX TANJUNG LEBAR
KECAMATAN SUNGAI BAHAR
KABUPATEN MUARO JAMBI
KELAS JUMLAH SISWA HASIL YANG DICAPAI
I 18 Berjalan Dengan Baik
II 17 Berjalan Dengan Baik
III 11 Berjalan Dengan Baik
IV 8 Berjalan Dengan Baik
V 13 Berjalan Dengan Baik
VI 8 Berjalan Dengan Baik
Tanjung Lebar 15 Nopember 2011
SDN 164 Tanjung Lebar
KADRIZAL. S.P.d
Nip : 196803231992031006
BAB III
KEGIATAN TAHAP MENGAJAR
3.1. Kegiatan Mingguan
Kegiatan yang dilakukan selama Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) selama SDN 164 Desa Tanjung Lebar Kecamatan Bahar Selatan.
Tahap 1 : Observasi
Lingkungan Sekolah
Keadaan Sekolah
Keadaan Kepala Sekolah dan Majelis Gurunya
Keadaan Siswa
Cara belajar siswa
Kesulitan belajar siswa
Cara upaya atau mengatasi kesulitan belajar siswa
Tahap 2 : Praktek
Mengajar
Konsultas I dengan dosen pembimbing
Mengetahui dan mengatasi kesulitan belajar siswa
Ikut serta dalam membuat administrasi sekolah
Mengikuti perayaan hari besar agama disekolah.
Tahap 3: Ujian Praktek Mengajar dan Membuat laporan
Se;ama mengikuti PPL di SDN 164 Tanjung Lebar, penulis dipercaya untuk
Mengajar pendidikan matematika dikelas IV agar target mengajar yang telah
Ditetapkan dapat tercapi. Pelajaran Pendidikan Matematika ini Diajarkan 6 jam
Perminggu.
Dengan rincian sebagai berikut : 2 Jam pelajaran hari senin , 2 Jam pelajaran di hari selasa , dan 2 jam pelajaran hari rabu. Sesuai dengan jam tersebut yang Diajar kan dalam 1 minggu.
3.2. Perangkat Pembelajaran
Pembantuaan perangkat pembelajaran merupakan suatu keharusan apabila Seorang guru bila mengajar didepan kelas. Perangkat Pembelajaran adalah pedoman bagi guru dalam memberikan pelajaran kepada siswanya atau materi kepada peserta didik yang tercantum dalam sebagai berikut:
1. Pengembangan silabus pembelajaran
2. Suatu pembelajaran kompetensi
3. Rencana pembelajaran kompetensi
kegiatan kompetensi ini adalah suatu bentuk keterampilan dimana guru dapat merumuskan kompetensi dasar dan indicator yang dicapai setelah peserta pendidik mendapat materi yang disampaikan. Perangkat pembelajaran juga memberi urutan materi sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam menyampaikan materi pelajaran.
STRUKTUR ORGANISASI MAHASISWA PPL
SD N 164 DESA TANJUNG LEBAR
KECAMATAN SUNGAI BAHAR
KABUPATEN MUARO JAMBI
DOSEN PEMBIMBING
Dra. Umil Muhsinin.M,Pd
NIP:196804151995032002
KETUA
PETRIANI
TM.081306
DAFTAR NAMA MAHASISWA PPL
SD N 164 DESA TANJUNG LEBAR
KECAMATAN SUNGAI BAHAR
KABUPATEN MUARO JAMBI
TAHUN 2011
NO NAMA BIDANG STUDI GURU PAMONG KELAS
1 PETRIANI MATEMATIKA YUZARNI,A,Ma,Pd IV
2 IRAWAN MATEMATIKA ERMAN V
3 CICILIA SRI RAHAYU MATEMATIKA RITA.B, S.Pd IV
Mengetahui Mahasiswa PPL
Kepala sekolah SDN 164
Kadrizal S.Pd PETRIANI
Nip : 196803231992031006 NIM:TM.081306
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Dari laporan yang telah penulis paparkan pada bab-bab sebelumnya,maka penulis mengambilkesimpulansebagaiberikut:
1. Latian mengajar itu sangatlah penting agar mahasisiwa benar-benar mengetahui persiapan mengajar mengajar, alat-alat peraga danalin sebagainya yang dapat memperlancar proses pembelajaran.
2. Dalam latihan terbimbing itujuga seluruh guru siap memberikan bimbingan dan bantuan apabila mahasisiwa dapat kesulitan sehingga terjalin hubungan yang komunikatif anatara mahasiswa dan guru-guru.
4.2 Saran
Melalui laporan ini ada beberapa saran yang ingin penulis berikan kiranya dapat dijadikan bahan pertimbanga pembelajaran matematika khususnya pembelajaran matematika di SDN N0.164 desa Tanjung Lebar antara lain:
1. Semestinya kepala sekolah lebih banyak mengkoordinir guru-guru dalam mengajar dengan alat-alat peraga kepada siswanya.
2. Untuk masa yang akan datang mudah-mudahan kinerja gurunya lebih di tingkatkan lagi demi terwujudnya kualitas para siswa dalam pembelajaran ilmu matematika.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment