Sunday 5 May 2013

PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PETRIANI


LAPORAN


PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SD NEGERI NO.164 TANJUNG LEBAR
KECAMATAN  SUNGAI BAHAR
KABUPATEN MUARO JAMBI









DI SUSUN OLEH :


NAMA    :  PETRIANI

NIM        :  TM. 081306



INSTITUT AGAMA  ISLAM NEGERI

SULTHAN THAHASAIFUDDIN JAMBI

TAHUN AKADEMIK 2011/2012





PENGESAHAN LAPORAN


HASIL PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SD NEGERI NO. 164/IX TANJUNG LEBAR
KABUPATEN MUARO JAMBI

   


Laporan Hasil Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Atas nama PETRIANI di SD Negeri No 164/IX Tanjung Lebar  selama 3 bulan dari tanggal 15 september 2011 sampai 15 november  2011, dinyatakan sesuai  dengan kegiatan yang dilaksanakan di lapangan, antara lain:
•    Latihan mengajar
•    Bimbingan Belajar
•    Administrasi  Pendidikan




Tanjung Lebar 15 nopember 2011

Disahkan Oleh:




Kepala Sekolah
SD N 164 Tanjung Lebar                Dosen Pembimbing





KADRIZAL .S.Pd            Dra.Umil muhsinin. M.Pd
Nip : 196803231992031006         NIP:196804151995032002


















KEMENTRIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI
PPL FAKULTAS TARBIYAH



PENGESAHAN



Laporan Kegitan Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SD N 164 Desa Tanjung Lebar  Sungai  Bahar  Kabupaten Muaro Jambi sebagai  syarat untuk menyelesaikan program Strata satu (S1) Jurusan Matematika pada fakultas  Tarbiyah IAIN STS Jambi.






Tanjung Lebar,15 nopember  2011



Kepala SDN 164 Tanjung Lebar        Disahkan Oleh:        Mahasiswa PPL
                           Dosen Pembimbing




KADRIZAL. S.Pd    Dra. UMIL MUHSININ. M.Pd              PETRIANI
Nip : 196803231992031006            NIP:196804151995032002       NIM:081306






















SURAT KETERANGAN TUGAS




Yang bertanda tangan  di  bawah ini  Kepala SDN 164 Tanjung Lebar
Menerangkan bahwa:


    Nama        : PETRIANI
    NIM        : TM 081306
    Jurusan    : MATEMATIKA
    Fakultas    : Tarbiyah



Bahwasannya nama tersebut diatas benar telah melaksanakan PPL di  SD Negeri 164/IX Tanjung Lebar, tehitung mulai 15 september  2011 sampai 15 nopember  2011 dengan baik.
Demikianlah Surat Keterangan ini dibuat, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinnya.




Tanjung Lebar 15 Nopember 2011
Kepala SekolahSDN 164
Tanjung lebar




KADRIZAL. S.Pd
             Nip : 196803231992031006













KATA  PENGANTAR



    Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allh SWT, penulis dapat menyelesaikan naskah laporan kegiatan PPL yang dilaksanakan di SDN 164 Tanjung Lebar Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi, selama 3 bulan terhitung 15 september 2011 - 15 nopember  2011.
    Dengan selesainya proses pelaksanaan kegiatan PPL yang telah dilaksanakan dengan baik, maka penulis banyak mengucapakan terima kasih kepada yang terhormat:


1.    Bapak Rektor IAIN STS Jambi.
2.    Bapak Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN STS Jambi.
3.    Bapak Ketua PPL IAIN STS Jambi.
4.    Ibu  Dosen Pembimbing.
5.    Bapak Kadrizal. S.Pd Selaku Kepala Sekolah SDN 164 Tanjung Lebar.
6.    Ibu Yuzarni Selaku Guru Pamong.
7.    Segenap majelis guru dan siswa-siswi SDN 164 Tanjung Lebar yang telah berpartisipasi dan bekerjasama dengan baik, sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik dan sukses.


Semoga bantuan dan dorongan serta bimbingan yang telah diberikan kepada penulis dapat diterima menjadi amal sholeh disisi Allah SWT, Amin Ya Robbal Alamin.
Akhir  peulisan mengharapkan semoga tulisan/laporan ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.





Tanjung Lebar, 15 November 2011
Guru Pratikum





PETRIANI
NIM : TM.081306










DAFTAR ISI
HALAMAN PENGESAHAN………………………………………………………………...
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………
DAFTAR ISI………………………………………………………………………………….
BAB 1        PENDAHULUAN……………………………………………………………………
1.1.    LATAR BELAKANG…………………………………………………………
1.2.    TUJUAN PPL………………………………………………………………..
1.3.    Waktu dan pelaksanaan PPL……………………………………………..
BAB II        GAMBARAN SDN 164 TANJUNG LEBAR………………………………..
        2.1.     Sejarah berdirinya SDN 164 Tanjung Lebar…………………………….
        2.2.    Fasilitas dan Fisik Sekolah………………………………………………..
        2.3.    Kegiatan Pembelajaran……………………………………………………
2.4.    Struktur Organisasi…………………………………………………………
        2.5.    Staf Pengajar dan Pengembangan Jumlah Siswa……………………
        2.6.    Roster Pelajaran……………………………………………………………
        2.7.    Kalender Pendidikan………………………………………………………
BAB III    TAHAP MENGAJAR………………………………………………………..
        3.1.    Kegiatan Mingguan……………………………………………………….
        3.2.    Perangkat Pembelajaran…………………………………………………
        3.3.    Struktur Organisasi Mahasiswa PPL……………………………………
        3.4.    Daftar nama Mahasiswa PPL…………………………………………….
        3.5.    Rencana Pembelajaran…………………………………………………..
        3.6.    Silabus………………………………………………………………………
        3.7.    Program semester…………………………………………………………
        3.8.    Daftar Kehadiran Mahasiswa…………………………………………….
BAB IV    PENUTUP……………………………………………………………………
        4.1.    Kesimpulan…………………………………………………………………
        4.2.    Saran………………………………………………………………………..



BAB 1

PENDAHULUAN


1.1.    Latar belakang masalah
Praktek pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program pendidikan fakultas tarbiyah IAIN STS jambi, yang dirancang dan ditetapkan bagi mahasiswa S,1 maupun Akta IV. Tujuan melatih dan mengembangkan ketrempilan dan kemampuan dibidang pengejaran lingkungan sekolah secara langsung.
Program PPL diharapkan mahasiswa yang melaksanakan dapat dijadikan wadah belajar. Latihan dan pengembangan empiris sebagai tenaga pengaja yang merupakan bakal setelah menyelesaikan pendidikannya.
Praltek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan penerapan dari teori-teori yang telah didapat sewaktu kuliah tatap muka. Dalam masa teori-teori tersebut diaplikasikan dengan baik,efektif,efisien, sesuai siruasi dan kondisi pengejaran Propesional keguruan yang memadai semakin baik semasa dan sesudah PPL. Dan menjadi modal  berharap untuk tenaga pengajar yang propesional.

1.2.    Tujuan PPL
Tijuan Praktek lapangan (PPL)
1.    Bagi mahasiswa PPL
a.    memberikan pengalaman mengajar secraa nyata dan latihan sejumlah
keterampilan dan mengajar secaraterpisah.
b.    menebangkan keterampilan mengajarnya sebelum mereka menggeluti
lingkungan mengajar sebenarnya.
c.    memberikan kemungkinan untuk mendapatkan mecam-macam
keterampilan dan mengajar serta memahami kapan dan bagaimana keterampilan itu diterapkan.
2.    Manfat Bagi Mahasiswa PPL dan Bagi Guru
a.    Memberikan penyegaran dalam program pengajaran
b.    Meperoleh pengalaman yang bersifat individual demi perkembangan propesinya.
c.    Mengembangkan sikap terbuka melalui pembahruan pendidikan disekolah.

1.3.    PPL Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kegiatan praktek pengalaman lapangan (PPL) dilaksanakan mulai dari sejak
Mendapat surat perintah PPL dari Bapak Ketua PPL dari tanggal 15 september s/d tanggal 15 nopember 2011. bertempat di SDN 164 tanjung lebar kecamatan bahar selatan kabupaten Muaro Jambi.

BAB II
GAMBARAN UMUM SDN 164 TNAJUNG LEBAR

2.1. Sejarah Berdirinya SDN 164 TANJUNG LEBAR
Asal mulanya berdiri SDN 164 Desa Tanjung Lebar yaitu pada tahun 1990 SD ini merupakan salah satu dari beberapa SD yang berada di kabupaten muaro jambi yang memiliki gedung yang permanent.Pada tahun 1990 dan bersamaan dikeluarkannya surat keteranga Nomor Statistik dari Departemen Pendidikan dengan nomor : 100100907008  ,merubah statusnya menjadi “Terakreditasi C’. identitas sekolah ini juga telah diakui oleh Departemen Pendidikan Nasonal Kabupaten Muaro Jambi.

2.2.    Fasilitas fan Keadaan Fisik Sekolah
SDN 164 Desa  Tanjung Lebar  kecamatan  Sungai Bahar  Kabupaten Muaro Jambi mempunyai  fasilitas belajar yang cukup memadai untuk dijadikan lembaga pendidikan. Untuk tingkat SD (sekolah dasar) ini memiliki 3 lokal ruang belajar dan 1 s/d 6 rombel sedangkan Ruang kantor kepala sekolah dan ruang guru-guru saturuang gedung perpustakaan.

2.3.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari kurikulum  yang digunakan di SDN 164 yaitu kurikulum KTSP (kurikulum tingkat satuan pendidikan) yang mengedepankan kopetensi siswa bukan hanya pada penugasan materi saja. Memberikan siswa dengan berbagai keterampilan yang bermanfaat agar setelah lulus  siswa mempunyai kompetensi yang berguna dalam kehidupan nyata.

Pendekatan pembelajaran dilakukan dengan beberapa proses pembelajaran yang  selalu menyesuaikan dengan perkembangan globalisasi pendidikan diantaranya:
1.    Pembelajaran perpustakaan.
2.    Mempelajari yang berintegrasi melalui proyek atau kegiatan yang nyata.
3.    Berorientasi pada kecakapan hidup dunia pendidikan perkembangan zaman.
4.    Mengembangkan tiga aspek belajar (kognitif, efektif, psikomotorik)
5.    Lebih menekankan pada penelitian proses yang mengacu pada multiple intelgence.


2.4.    Struktur Organisasi Sekolah
SDN 164 Desa Tanjung Lebar Kecamatan sungai  Bahar  kabupaten Muaro Jambi Memiliki struktur yang memadai, sehingga setiap guru mempunyai tugasnya masing-masingdan bertanggung jawab.
Adpun Bagan Struktur Organisasi SDN 164 Desa Tanjung Lebar Kecamatan  sungai Bahar   Kabupaten Muaro Jambi Sebagai Berikut:
JUMLAH SISWA
SD NEGERI NO. 164/IX TANJUNG LEBAR
KECAMATAN SUNGAI BAHAR
KABUPATEN MUARO JAMBI



KELAS    JUMLAH SISWA    HASIL YANG DICAPAI
I    18    Berjalan Dengan Baik
II    17    Berjalan Dengan Baik
III    11    Berjalan Dengan Baik
IV    8    Berjalan Dengan Baik
V    13    Berjalan Dengan Baik
VI    8    Berjalan Dengan Baik






Tanjung Lebar 15 Nopember 2011
SDN 164 Tanjung Lebar






KADRIZAL. S.P.d
Nip : 196803231992031006



















BAB III

KEGIATAN TAHAP MENGAJAR


3.1. Kegiatan Mingguan

Kegiatan yang dilakukan selama Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) selama SDN 164 Desa Tanjung Lebar Kecamatan Bahar Selatan.

    Tahap 1    : Observasi

               Lingkungan Sekolah
           
    Keadaan Sekolah
    Keadaan Kepala Sekolah dan Majelis Gurunya
    Keadaan Siswa
    Cara belajar siswa
    Kesulitan belajar siswa
    Cara upaya atau mengatasi kesulitan belajar siswa

Tahap 2    :  Praktek

    Mengajar
    Konsultas I dengan dosen pembimbing
    Mengetahui dan mengatasi kesulitan belajar siswa
    Ikut serta dalam membuat administrasi sekolah
    Mengikuti perayaan hari besar agama disekolah.

Tahap 3: Ujian Praktek Mengajar dan Membuat laporan

Se;ama mengikuti PPL di SDN 164 Tanjung Lebar, penulis dipercaya untuk
    Mengajar pendidikan matematika dikelas IV agar target mengajar yang telah
    Ditetapkan dapat tercapi. Pelajaran Pendidikan Matematika ini Diajarkan 6 jam
    Perminggu.

    Dengan  rincian  sebagai  berikut : 2 Jam pelajaran hari senin  , 2 Jam pelajaran di hari selasa , dan  2 jam pelajaran  hari rabu.  Sesuai dengan  jam tersebut  yang  Diajar kan dalam 1 minggu.





























3.2. Perangkat Pembelajaran

Pembantuaan perangkat pembelajaran merupakan suatu keharusan apabila Seorang guru bila mengajar didepan kelas. Perangkat  Pembelajaran adalah pedoman bagi guru dalam memberikan pelajaran kepada siswanya atau materi kepada peserta didik yang tercantum dalam sebagai berikut:
       
1.     Pengembangan silabus pembelajaran
2.     Suatu pembelajaran kompetensi
3.     Rencana pembelajaran kompetensi

kegiatan kompetensi ini adalah suatu bentuk keterampilan dimana guru dapat merumuskan kompetensi dasar dan indicator yang dicapai  setelah peserta pendidik mendapat materi  yang disampaikan. Perangkat  pembelajaran juga memberi urutan materi sehingga tidak terjadi tumpang  tindih dalam menyampaikan materi pelajaran.









STRUKTUR ORGANISASI MAHASISWA PPL
SD N 164 DESA TANJUNG LEBAR
KECAMATAN SUNGAI BAHAR
KABUPATEN MUARO JAMBI




DOSEN PEMBIMBING





Dra. Umil Muhsinin.M,Pd
NIP:196804151995032002

       








KETUA




PETRIANI
TM.081306



















DAFTAR NAMA MAHASISWA PPL
SD N 164 DESA  TANJUNG LEBAR
KECAMATAN  SUNGAI BAHAR
KABUPATEN MUARO JAMBI
TAHUN 2011




NO    NAMA    BIDANG STUDI    GURU PAMONG    KELAS
1    PETRIANI    MATEMATIKA    YUZARNI,A,Ma,Pd    IV
2    IRAWAN    MATEMATIKA    ERMAN    V
3    CICILIA SRI RAHAYU    MATEMATIKA    RITA.B, S.Pd    IV
               













                                          





Mengetahui                                        Mahasiswa PPL
Kepala sekolah SDN 164   




Kadrizal S.Pd                                          PETRIANI
Nip : 196803231992031006                                  NIM:TM.081306












BAB IV

PENUTUP



4.1 Kesimpulan

Dari laporan yang telah penulis paparkan pada bab-bab sebelumnya,maka penulis mengambilkesimpulansebagaiberikut:
1.    Latian mengajar itu sangatlah penting  agar mahasisiwa benar-benar mengetahui persiapan mengajar mengajar, alat-alat peraga danalin sebagainya yang dapat memperlancar proses pembelajaran.
2.    Dalam latihan terbimbing itujuga seluruh guru siap memberikan bimbingan dan bantuan apabila  mahasisiwa dapat kesulitan  sehingga terjalin hubungan yang komunikatif anatara mahasiswa dan guru-guru.

4.2 Saran

Melalui laporan ini ada beberapa saran yang ingin penulis berikan kiranya dapat dijadikan bahan pertimbanga pembelajaran matematika khususnya pembelajaran matematika di SDN N0.164 desa Tanjung Lebar  antara lain:
1.    Semestinya kepala sekolah lebih banyak mengkoordinir guru-guru dalam mengajar dengan alat-alat peraga kepada siswanya.
2.    Untuk masa yang akan datang mudah-mudahan kinerja gurunya lebih di tingkatkan lagi demi terwujudnya kualitas para siswa dalam pembelajaran ilmu matematika.

No comments:

Post a Comment