Wednesday 8 May 2013

PETA TUGAS UTAMA, KOMPETENSI DAN KINERJA GURU BK/KONSELOR BERDASARKAN RUBRIK PENILAIAN KINERJA

PEDAGOGIK
SOSIAL
KEPRIBADIAN
PROFESIONAL
A
1Pemahaman Siswa
2Pemahaman Siswa
3Pemahaman Siswa/ Motivasi
B
4Pemahaman Siswa/ Kedisiplinan
5Pemahaman Siswa/ Motivasi
6Pemahaman Siswa/ Motivasi/Kedisiplinan
7Pemahaman Siswa/ Kedisiplinan/Motivasi
8Pemahaman Siswa/ Motivasi
9Pemahaman Siswa/ Kedisiplinan/Motivasi
10Pemahaman Siswa/ Motivasi
11Pemahaman Siswa/ Motivasi
12Kedisiplinan/ Keteladanan
13Kedisiplinan
1
Pemahaman Siswa
C.
15Pemahaman Siswa
16Kedisiplinan
17KeteladananKedisiplinan
18Pemahaman Siswa/ Motivasi
VI. PETA TUGAS UTAMA, KOMPETENSI DAN KINERJA GURU BK/KONSELOR BERDASARKAN RUBRIK PENILAIAN KINERJA
Guru BK/Konselor dapat melaksanakan pendekatan kolaboratif dengan pihak terkait dalam pelayanan BK.
Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL)
Guru BK/Konselor dapat menerapkan pendekatan/model konseling dalam pelayanan BK.
Guru BK/Konselor dapar memfasilitasi pengembangan sikap, perilaku dan kebiasaan belajar.
KOMPETENSI
Guru BK/Konselor dapat menyusun atau memilih instrumen, menganalisis data, mengaplikasikan dan mengadministrasikan, serta menggunakan hasil asesmen.
PERENCANAAN LAYANAN BK
PELAKSANAAN LAYANAN BK
Guru BK/Konselor dapat menunjukkan landasan keilmuan dan esensi layanan BK pada jalur, jenis dan jenjang pendidikan dalam perencanaan layanan BK.
Guru BK/Konselor dapat merancang, melaksanakan, dan memanfaatkan hasil penelitian dalam BK.
Persiapan Layanan BK
No.
DIMENSI TUGAS UTAMA DAN INDIKATOR KINERJA
Guru BK/Konselor dapat menyusun laporan pelaksanaan program (Lapelprog) berdasarkan hasil evaluasi program BK.
Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi, sosial, kemampuan belajar dan perencanaan karir.
Penilaian Keberhasilan Layanan BK
Pelaksanaan Layanan BK
EVALUASI , PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT LAYANAN BK
Guru BK/Konselor dapat mengevaluasi program BK.
Guru BK/Konselor dapat mengelola sarana dan biaya pelaksanaan pelayanan BK.
Guru BK/Konselor dapat merancang program BK
Guru BK/Konselor dapat menentukan arah profesi (peran dan fungsi guru BK/ Konselor).
Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi perolehan pelayanan BK sesuai dengan pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis.
Pemahaman Siswa/ Kedisiplinan/Motivasi
Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan RPL (Satlan/Satkung) dalam pelayanan BK. Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan RPL (Satlan/Satkung) dalam pelayanan BK. Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan RPL (Satlan/Satkung) dalam pelayanan BK.
Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan prinsip pendidikan dan dimensi pembelajaran dalam pelayanan BK.
Guru BK/Konselor dapat melakukan penilaian proses dan hasil pelayanan BK.
Pemahaman SiswaPemahaman Siswa

1 comment: