A.
IDENTITAS GURU YANG DINILAI
1.
Nama dan Gelar
:
2.
Status PNS
:
3.
NIP
:
4.
Pangkat/golongan ruang/TMT
:
5.
Jabatan Fungsional
:
6.
NUPTK
:
8.
Mata Pelajaran yang diampu
:
9.
Periode penilaian
:
B.
IDENTITAS SEKOLAH
1.
Nama Sekolah
:
2.
NSS/NISN
:
3.
Status
:
4.
Alamat Sekolah
a.
Jalan
:
b.
Desa/Kelurahan
:
c.
Kecamatan
:
d.
Kabupaten/Kota
:
e.
Provinsi
:
f.
Kode Pos
:
g.
Telepon
:
h.
Faks.
:
i.
e-mail
:
j.
Website
:
C.
DATA PENILAIAN
1.
Waktu Pelaksanaan
a.
Tanggal Pengamatan
:
b.
Rentang Pemantauan
:
2.
Petugas Penilai
a.
Nama dan Gelar
:
b.
Status PNS
:
c.
NIP
:
d.
Pangkat/golongan ruang/TMT
:
e.
Jabatan Fungsional
:
f.
NUPTK
:
g.
Mata Pelajaran yang diampu
:
I. IDENTITAS GURU DAN PENILAI
Penilaian untuk Kompetensi …….
Pembelajaran: Teori Lempeng Tektonik
1. guru memberi salam
2. guru menanyakan kesiapan belajar siswa
3. Guru mengecek kehadiran siswa
4. Guru menyebutkan KD
5. Guru Menyebutkan indikator
6. Guru menyemangati siswa dengan mengucapkan semangat dan mengepalkan tangan
7. Guru menyebutkan topik yang akan diajarkan
8. Guru menggunakan alat peraga/ globe
9. Guru menjelaskan materi dengan suara yang jelas
10. Guru memberi reward/pujian atas pendapat siswa dengan mengucapkan kata 'bagus'
11. Guru mendemonstrasikan penggunaan globe
12. Guru bertanya kepada siswa
13. sebagian besar siswa menjawab serentak pertanyaan guru
14. guru menggunakan alat bantu IT (laptop/mmp dll)
15. guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
16. guru berceramah
17. guru melakukan tanya jawab
18. ekpresi wajah guru cerah
19. guru sering tersenyum selama pembelajaran
20. sebagian besar siswa memperhatikan penjelasan guru
21. guru menyebutkan kesimpulan (bukti pendukung ( - ) ???)
22. guru mengajukan pertanyaan untuk menguji pemahaman siswa (refleksi)
23. guru melakukan apersepsi dengan menunjukkan globe
24. Guru lebih banyak berdiri di depan kelas
25. pandangan guru lebih sering ke arah kiri, sebelah kanan kurang terperhatikan (-)
26. Ada siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru
27. guru memberi contoh dan mengaitkan materi dengan kehidupan nyata
28. guru mendominasi dalam memberikan penjelasan materi pembelajaran (menggunakan ceramah secara dominan): (-)
29. Suara guru merdu
30. tutur bahasanya santun
31. perilaku guru sopan
32. guru sudah bersikap objektif
33. guru tidak bersikap diskriminatif
2
34. guru menunjuk layar menggunakan tangan
35. guru tidak memberi kesempatan kepada siswa menanggapi jawaban siswa lain
36. guru berdiri pada satu sisi
37. pertanyaan guru bersifat umum dan tidak diarahkan kepada satu atau dua siswa
38. guru mengajukan pertanyaan untuk menguji pemahaman sebagai evaluasi proses
39. guru meletakkan globe dekat siwa di meja siswa
40. guru memberikan penjelasan sebagai konfirmasi
41. guru tidak memberikan tugas apapun kepada siswa
42. ada siswa yang mengantuk
43. ada siswa yang asik bercerita dengan teman semejanya
44. siswa tidak menggunakan buku pegangan selama pembelajaran
45. proses pembelajaran satu arah
46. tidak semua siswa menjawab pertanyaan guru
47. guru memberi penguatan pada materi-materi esensial
48. jumlah siswa 39 orang
49. guru terampil menggunakan perangkat IT (laptop)
50. guru terampil menggunakan alat peraga globe
51. media IT yang digunakan menghasilkan pesan yang menarik
52. guru tidak melibatkan siswa dalam menggunakan alat peraga dan media IT
KISI-KISI INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING/KONSELOR No. DIMENSI TUGAS UTAMA DAN INDIKATOR KINERJA A PERENCANAAN LAYANAN BK 1. Guru BK/Konselor dapat menunjukkan landasan keilmuan dan esensi layanan BK pada jalur, jenis dan jenjang pendidikan dalam perencanaan layanan BK. 2.
Guru BK/Konselor dapat menyusun atau memilih instrumen, menganalisis data, mengaplikasikan dan mengadministrasikan, serta menggunakan hasil asesmen. 3.
Guru BK/Konselor dapat merancang program BK B PELAKSANAAN LAYANAN BK Persiapan Layanan BK 4.
Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) Pelaksanaan Layanan BK 5.
Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan RPL (Satlan/Satkung) dalam pelayanan BK. 6.
Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan prinsip pendidikan dan dimensi pembelajaran dalam pelayanan BK. 7.
Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan tujuan, prinsip, azas, dan fungsi dalam pelayanan BK. 8.
Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi, sosial, kemampuan belajar dan perencanaan karir. 9.
Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi perolehan pelayanan BK sesuai dengan pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis. 10.
Guru BK/Konselor dapar memfasilitasi pengembangan sikap, perilaku dan kebiasaan belajar. 11
Guru BK/Konselor dapat menerapkan pendekatan/model konseling dalam pelayanan BK. 12.
Guru BK/Konselor dapat melaksanakan pendekatan kolaboratif dengan pihak terkait dalam pelayanan BK. 13
Guru BK/Konselor dapat mengelola sarana dan biaya pelaksanaan pelayanan BK. Penilaian Keberhasilan Layanan BK 14 Guru BK/Konselor dapat melakukan penilaian proses dan hasil pelayanan BK. C EVALUASI, PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT LAYANAN BK 15.
Guru BK/Konselor dapat mengevaluasi program BK. 16.
Guru BK/Konselor dapat menyusun laporan pelaksanaan program (Lapelprog) berdasarkan hasil evaluasi program BK.
17.
Guru BK/Konselor dapat menentukan arah profesi (peran dan fungsi guru BK/ Konselor). 18.
Guru BK/Konselor dapat merancang, melaksanakan, dan memanfaatkan hasil penelitian dalam BK.
Format 1 : Evaluasi Diri untuk Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
(diisi oleh Guru BK/Konselor) Nama Sekolah: Nomor Statistik Sekolah:
Alamat:
Kecamatan:
Kabupaten/Kota:
Nama Guru:
Tahun Ajaran:
Tanggal:
Dimensi Tugas Utama/Indikator Kinerja
Evaluasi diri terhadap Indikator Kinerja A PERENCANAAN LAYANAN BK 1. Guru BK/Konselor dapat menunjukkan landasan keilmuan dan esensi layanan BK pada jalur, jenis dan jenjang pendidikan dalam perencanaan layanan BK. 2.
Guru BK/Konselor dapat menyusun atau memilih instrumen, menganalisis data, mengaplikasikan dan mengadministrasikan, serta menggunakan hasil asesmen.
3.
Guru BK/Konselor dapat merancang program BK.
B PELAKSANAAN LAYANAN BK Persiapan Layanan BK 4.
Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL)
Pelaksanaan Layanan BK 5.
Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan RPL (Satlan/Satkung) dalam pelayanan BK.
6.
Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan prinsip pendidikan dan dimensi pembelajaran dalam pelayanan BK.
7.
Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan tujuan, prinsip, azas, dan fungsi dalam pelayanan BK.
8.
Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi, sosial, kemampuan belajar dan perencanaan karir.
9.
Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi perolehan pelayanan BK sesuai dengan pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis.
10.
Guru BK/Konselor dapar memfasilitasi pengembangan sikap, perilaku dan kebiasaan belajar.
Dimensi Tugas Utama/Indikator Kinerja
Evaluasi diri terhadap Indikator Kinerja 11
Guru BK/Konselor dapat menerapkan pendekatan/model konseling dalam pelayanan BK.
12.
Guru BK/Konselor dapat melaksanakan pendekatan kolaboratif dengan pihak terkait dalam pelayanan BK.
13
Guru BK/Konselor dapat mengelola sarana dan biaya pelaksanaan pelayanan BK.
Penilaian Keberhasilan Layanan BK 14 Guru BK/Konselor dapat melakukan penilaian proses dan hasil pelayanan BK. C EVALUASI, PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT LAYANAN BK 15.
Guru BK/Konselor dapat mengevaluasi program BK.
16.
Guru BK/Konselor dapat menyusun laporan pelaksanaan program (Lapelprog) berdasarkan hasil evaluasi program BK.
17.
Guru BK/Konselor dapat menentukan arah profesi (peran dan fungsi guru BK/ Konselor).
18.
Guru BK/Konselor dapat merancang, melaksanakan, dan memanfaatkan hasil penelitian dalam BK.
Tanda tangan Kepala Sekolah:
_________________________
Tanda tangan Guru BK/Konselor:
_________________________
Format 2 : Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Individu Guru (diisi oleh Koordinator dan Guru BK)
Nama Sekolah:
Nomor Statistik Sekolah:
Alamat:
Kecamatan:
Kabupaten/Kota:
Nama Guru:
Tahun Ajaran:
Tanggal:
Demensi Tugas Utama/ Indikator Kinerja
Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan Guru
Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
1
2
3
4
5
6
a
b
A. Perencanaan Layanan BK
1. Guru BK/Konselor dapat menunjukkan landasan keilmuan dan esensi layanan BK pada jalur, jenis dan jenjang pendidikan dalam perencanaan layanan BK.
2. Guru BK/Konselor dapat menyusun atau memilih instrumen, menganalisis data, mengaplikasikan dan mengadministrasikan, serta menggunakan hasil asesmen.
3. Guru BK/Konselor dapat merancang program BK.
B. Pelaksanaan Layanan BK
Persiapan Layanan BK
4. Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL)
Pelaksanaan Layanan BK
5. Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan RPL (Satlan/Satkung) dalam pelayanan BK.
6. Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan prinsip pendidikan dan dimensi
pembelajaran dalam pelayanan BK.
7. Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan tujuan, prinsip, azas, dan fungsi dalam pelayanan BK.
8. Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi, sosial, kemampuan belajar dan perencanaan karir.
9. Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi perolehan pelayanan BK sesuai dengan pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis.
10. Guru BK/Konselor dapar memfasilitasi pengembangan sikap, perilaku dan kebiasaan belajar.
11. Guru BK/Konselor dapat menerapkan pendekatan/model konseling dalam pelayanan BK.
12. Guru BK/Konselor dapat melaksanakan pendekatan kolaboratif dengan pihak terkait dalam pelayanan BK.
13. Guru BK/Konselor dapat mengelola sarana dan biaya pelaksanaan pelayanan BK.
Penilaian Keberhasilan Layanan BK
14. Guru BK/Konselor dapat melakukan penilaian proses dan hasil pelayanan BK.
C. Evaluasi, Tindak lanjut dan Pelaporan Layanan BK
15. Guru BK/Konselor dapat mengevaluasi program BK.
16. Guru BK/Konselor dapat menyusun laporan pelaksanaan program (Lapelprog) berdasarkan hasil evaluasi program BK.
17. Guru BK/Konselor dapat menentukan arah profesi (peran dan fungsi guru BK/ Konselor).
18. Guru BK/Konselor dapat merancang, melaksanakan, dan memanfaatkan hasil penelitian dalam BK.
Guru BK/Konselor:
____________________________
Kepala Sekolah:
Catatan:
1. Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan oleh guru BK sendiri
2. Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan bersama guru lain
3. Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan di sekolah
4. Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan di MGBK
5. Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan oleh institusi selain sekolah (a) atau MGBK (b)
6. Kebutuhan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang belum dapat dipenuhi (diajukan/dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan untuk dipertimbangkan
Format 3: Rencana Final Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi oleh Koordinator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)
Nama Sekolah:
Nomor Statistik Sekolah:
Alamat:
Kecamatan:
Kabupaten/Kota:
Tahun Ajaran:
Tanggal:
No.
Nama Guru
Dimensi Tugas Utama Guru BK/Konselor
Kompetensi untuk menghasilkan Publikasi ilmiah dan Karya Inovatif
Kompetensi untuk
menunjang Peningkatan Layanan BK
Kompetensi
Melaksanakan Tugas Tambahan
Perencanaan Layanan BK
Pelaksanaan Layanan BK
Evaluasi, Pelaporan dan Tindak Lanjut
Koordinator
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
__________________________
Diketahui oleh:
Ketua Komite Sekolah
_____________________
Kepala Sekolah
_________________
Format 4 : Refleksi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi oleh Guru BK/Konselor dan Koordinator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)
Nama Sekolah:
Nomor Statistik Sekolah:
Alamat:
Kecamatan:
Kabupaten/Kota:
Nama Guru:
Tahun Ajaran:
Tanggal:
BAGIAN A : DIISI OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
1. Apakah kegiatan yang dilakukan sesuai dengan rencana kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan? Kalau tidak, apa sebabnya?
2. Portofolio kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan ada/tidak, lengkap/tidak?
3. Apakah guru sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan diri selama 1 tahun terakhir?
4. Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih dibutuhkan menurut guru dan/atau berdasarkan data dari sumber lain
BAGIAN B : DIISI OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BERSAMA-SAMA DENGAN GURU
1. Dampak positif kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap kompetensi guru
2. Dampak positif kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap peningkatkan kemampuan guru untuk menghasilkan karya ilmiah dan karya inovatif
3. Dampak Kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap peningkatan kinerja Guru
4. Dampak Kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap peningkatan kinerja Sekolah
5. Kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan dapat menunjang peningkatan kualitas peserta didik
BAGIAN B : DIISI OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
Apakah guru sudah siap mengajukan permohonan untuk kenaikan pangkat? Sudah/Belum
Penjelasan dari jawaban yang diberikan
Tanda tangan Guru:
Tanda tangan Koordinator
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Tanda tangan Kepala Sekolah
1
Penilaian untuk Kompetensi …….
Pembelajaran: Teori Lempeng Tektonik
1. guru memberi salam
2. guru menanyakan kesiapan belajar siswa
3. Guru mengecek kehadiran siswa
4. Guru menyebutkan KD
5. Guru Menyebutkan indikator
6. Guru menyemangati siswa dengan mengucapkan semangat dan mengepalkan tangan
7. Guru menyebutkan topik yang akan diajarkan
8. Guru menggunakan alat peraga/ globe
9. Guru menjelaskan materi dengan suara yang jelas
10. Guru memberi reward/pujian atas pendapat siswa dengan mengucapkan kata 'bagus'
11. Guru mendemonstrasikan penggunaan globe
12. Guru bertanya kepada siswa
13. sebagian besar siswa menjawab serentak pertanyaan guru
14. guru menggunakan alat bantu IT (laptop/mmp dll)
15. guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
16. guru berceramah
17. guru melakukan tanya jawab
18. ekpresi wajah guru cerah
19. guru sering tersenyum selama pembelajaran
20. sebagian besar siswa memperhatikan penjelasan guru
21. guru menyebutkan kesimpulan (bukti pendukung ( - ) ???)
22. guru mengajukan pertanyaan untuk menguji pemahaman siswa (refleksi)
23. guru melakukan apersepsi dengan menunjukkan globe
24. Guru lebih banyak berdiri di depan kelas
25. pandangan guru lebih sering ke arah kiri, sebelah kanan kurang terperhatikan (-)
26. Ada siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru
27. guru memberi contoh dan mengaitkan materi dengan kehidupan nyata
28. guru mendominasi dalam memberikan penjelasan materi pembelajaran (menggunakan ceramah secara dominan): (-)
29. Suara guru merdu
30. tutur bahasanya santun
31. perilaku guru sopan
32. guru sudah bersikap objektif
33. guru tidak bersikap diskriminatif
2
34. guru menunjuk layar menggunakan tangan
35. guru tidak memberi kesempatan kepada siswa menanggapi jawaban siswa lain
36. guru berdiri pada satu sisi
37. pertanyaan guru bersifat umum dan tidak diarahkan kepada satu atau dua siswa
38. guru mengajukan pertanyaan untuk menguji pemahaman sebagai evaluasi proses
39. guru meletakkan globe dekat siwa di meja siswa
40. guru memberikan penjelasan sebagai konfirmasi
41. guru tidak memberikan tugas apapun kepada siswa
42. ada siswa yang mengantuk
43. ada siswa yang asik bercerita dengan teman semejanya
44. siswa tidak menggunakan buku pegangan selama pembelajaran
45. proses pembelajaran satu arah
46. tidak semua siswa menjawab pertanyaan guru
47. guru memberi penguatan pada materi-materi esensial
48. jumlah siswa 39 orang
49. guru terampil menggunakan perangkat IT (laptop)
50. guru terampil menggunakan alat peraga globe
51. media IT yang digunakan menghasilkan pesan yang menarik
52. guru tidak melibatkan siswa dalam menggunakan alat peraga dan media IT
No comments:
Post a Comment