PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : IV (Empat) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN
KKM
|
Hasil KKM dalam
Aspek
|
KKM %
|
||||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake Siswa
|
Pemahaman Konsep
|
Penerapan
|
|||||
1.
Memahami sistem pemerintahan desa dan
pemerintahan kecamatan
|
|
|
|
|
|
|
|||
Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan
desa dan Pemerintahan kecamatan
-
Mengidenifikasi lembaga-lembaga pemerintah
desa
-
Mengidentifikasi lembaga-lembaga pemerintah
kecamatan
-
Menjelaskan tugas dan tanggung jawab
lembaga-lembaga pemerintah desa
|
|
|
|
|
|
|
|||
Menggambarkan struktur organisasi desa dan
pemerintahan Kecamatan
-
Membuat bagan struktur organisasi pemerintah
desa
-
Membuat bagan struktur organisasi pemerintah
kecamatan
|
|
|
|
|
|
|
|||
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
|||
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
|||
Mengetahui,
Kepala SD/MI
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
|
................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : IV (Empat) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
Hasil KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya Dukung
|
Intake Siswa
|
Pemahaman Konsep
|
Penerapan
|
||
2.
Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan
provinsi
|
|
|
|
|
|
|
Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan
kabupaten, kota
dan provinsi
-
Menyebutkan lembaga-lembaga pemerintah
kabupaten, kota
-
Menjelaskan tugas dan tanggung jawab
lembaga-lembaga pemerintahan kabupaten / kota dan provinsi
|
|
|
|
|
|
|
Menggambarkan struktur organisasi kabupaten, kota, dan provinsi
-
Membuat bagan struktur organisasi pemerintahan
desa
-
Membuat bagan struktur organisasi kecamatan
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
|
................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : IV (Empat) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
Hasil KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya Dukung
|
Intake Siswa
|
Pemahaman Konsep
|
Penerapan
|
||
3.
Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat
|
|
|
|
|
|
|
Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan
pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, BPK, dan
lain-lain
-
Mengidentifikasi lembaga-lembaga pemerintahan
tingkat pusat seperti MPR, DPR, Presiden, MAK, MK dan BPK
-
Menjelaskan tugas lembaga-lembaga negara dalam
susunan pemerintahan tingkat pusat
-
Menjelaskan tanggung jawab lembaga-lembaga negara
tingkat pusat
|
|
|
|
|
|
|
Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat
seperti Presiden, wakil presiden dan para menteri
-
Membuat bagan struktur organisasi pemerintah
tingkat pusat seperti presiden wakil presiden dan para menteri
-
Menjelaskan tugas pemerintahan tingkat
pusat menjelaskan tanggung jawab
pemerintah tingkat pusat
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
|
................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : IV (Empat) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
Hasil KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya Dukung
|
Intake Siswa
|
Pemahaman Konsep
|
Penerapan
|
||
4.
Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di
lingkungannya
|
|
|
|
|
|
|
4.1.
Memberikan contoh sederhana pengaruh
globalisasi di lingkungannya
-
Menjelaskan arti globalisasi
-
Mengidentifikasi contoh-contoh globalisasi di
lingkungan
-
Membandingkan kehidupan masyarakat lingkungan
sebelum dan sesudah globalisasi
|
|
|
|
|
|
|
4.2.
Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia
yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional
-
Menjelaskan jenis-jenis budaya Indonesia
-
Mengidentifikasi kebudayaan Indonesia
yang ditampilkan di luar negeri
|
|
|
|
|
|
|
4.3.
Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi
yang terjadi di lingkungannya
4.4.
Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi
-
Mengidentifikasi perilaku yang negatif akibat
globalisasi
-
menunjukkan sikap menolak akibat perilaku yang
negatif dari pengaruh globalisasi
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
|
................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : V (Lima) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN
KKM
|
Hasil KKM dalam
Aspek
|
KKM %
|
||||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake Siswa
|
Pemahaman Konsep
|
Penerapan
|
|||||
1.
Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI)
|
|
|
|
|
|
|
|||
1.1
Mendiskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia
-
Menyebutkan kapan Indonesia diproklamirkan menjadi
negara Merdeka
-
Menuliskan isi Teks Proklamasi
-
Menyebutkan presiden dan wakil presiden
-
Menyebutkan bunyi pasal 1 ayat 1 tentang
negara Indonesia
adalah negara kesatuan yang berbentuk republik
-
Mendefinisikan tenggang : merdeka, berdaulat
-
Menemutunjuk-kan batas wilayah Indonesia sebelah timur, tengah dan barat
-
menyebutkan negara-negara yang langsung
berbatasan dengan Indonesia
-
Dapat menyanyikan lagu dari Sabang sampai
Merauke menceritakan makna lagu di atas
|
|
|
|
|
|
|
|||
1.2
Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia
-
Menyebutkan batas-batas wilayah Indonesia
secara geografis
-
Menyebutkan batas-batas wilayah Indonesia
secara astronomis
-
Menunjukkan batas laut teritorial
-
Menunjukkan batas laut continental
-
Menggambar-kan peta Indonesia dengan kertas kalkir
(menjiplak atlas yang ada)
-
Menunjukkan zona ekonomi eksklusif melalui
gambar pada peta
-
Memberi tanda batas negara yang bersinggungan
langsung dengan Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|||
1.3
Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam
menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
-
Menyebutkan pulau yang hilang dikawasan Kalimantan karena kurangnya pengawasan ketat oleh
bangsa kita
-
Menyebutkan contoh ancaman terhadap keutuhan
wilayah NKRI yang datangnya dari luar
-
Menyebutkan contoh ancaman terhadap keutuhan
wilayah NKRI yang datangnya dari dalam
-
Menjelaskan betapa pentingnya persatuan dan
kesatuan bangsa kita dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI
-
Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
-
Menyebutkan keanekaragaman suku bangsa
-
Menjelaskan pentingnya Ikrar Sumpah Pemuda
pada masa sebelum kemerdekaan
-
Mengartikan semboyan Bhineka Tunggal Ika
|
|
|
|
|
|
|
|||
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
|||
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
|||
Mengetahui,
Kepala SD/MI
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
|
................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : V (Lima) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
Hasil KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya Dukung
|
Intake Siswa
|
Pemahaman Konsep
|
Penerapan
|
||
2.
Memahami perundang-undangan tingkat pusat dan
daerah
|
|
|
|
|
|
|
2.1
Menjelaskan pengertian dan pentingnya
peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah
-
Menyebutkan pasal 1 ayat 3 UUD 1945 bahwa
Negara Indonesia
adalah negara hukum
-
Menunjukkan pentingnya peraturan perundangan
-
Menunjukkan untuk siapa peraturan
perundang-undangan dibuat
-
Menuliskan sanksi jika melanggar hukum
-
Menyebutkan sumber hukum penyusunan peraturan
perundang-undangan
-
Menuliskan Tap MPR tentang sumber hukum, dan
tata urutan peraturan perundang-undangan
-
Menuliskan tata urutan perundang-undangan di Indonesia
-
Menyebutkan bahwa UUD 1945 adalah bentuk
peraturan perundang-undangan yang tertinggi sebagai hukum dasar
-
Menjelaskan pengertian amandemen
-
Menuliskan peraturan yang sifatnya dibuat oleh
pusat
-
Menuliskan peraturan yang sifatnya dibuat oleh
daerah
-
Menyebutkan apa yang dimaksud Tap MPR
-
Menyebutkan siapa yang berhak menetapkan
Undang-undang
-
Menjelaskan apa yang dimaksud dengan peraturan
pemerintah pengganti Undang-undang
-
Memberikan contoh tentang peraturan pemerintah
|
|
|
|
|
|
|
2.2
Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan
daerah, seperti pajak, anti korupsi, lalu lintas, larangan merokok
-
Menuliskan pengertian arti korupsi
-
Menyebutkan lembaga yang bertugas untuk menyelidiki perkara korupsi
-
Menyebutkan pidana yang dijatuhkan kepada para koruptor
-
menuliskan UURI anti korupsi no. 31 tahun 1999 tentang pemberantasan
tindak pidana korupsi
-
Menuliskan lama pidana dan denda bagi pelanggar korupsi
-
Menuliskan UU No. 14 Tahun 1992 pasal 26 ayat 1
-
Menyebutkan tempat penye-brangan bagi pejalan kaki
-
Memberikan contoh akibat pengguna jalan bila tidak menaati peraturan
lalu lintas
-
Menuliskan sanksi jika melanggar peraturan lalu lintas
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
|
................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : V (Lima) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
Hasil KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya Dukung
|
Intake Siswa
|
Pemahaman Konsep
|
Penerapan
|
||
3.
Memahami kebebasan berorganisasi
|
|
|
|
|
|
|
3.1
Mendeskripsikan pengertian organisasi
-
Menyebutkan arti organisasi
-
Membedakan arti organisasi pemerintah dengan
non pemerintah
-
Menuliskan sekurang-kurangnya 2 pengurus dalam
organisasi
-
Menuliskan pasal 28E ayat 3 tentang setiap
orang mempunyai kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat
-
Menyebutkan siapa saja yang terlibat dalam
organisasi
-
Menyebutkan salah satu asas yang terdapat
dalam organisasi
|
|
|
|
|
|
|
3.2
Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan
sekolah dan masyarakat
-
Menyebutkan contoh organisasi di sekolah
-
Menuliskan struktur organisasi di sekolah
-
Menulis tugas dan kewajiban tiap pengurus
-
Menuliskan sifat-sifat pengurus yang baik
-
menyebutkan beberapa bentuk organisasi di
masyarakat
-
menuliskan ketua RT/RW di wilayahnya
-
Membedakan organisasi bentukan pemerintah dan
berdiri secara alami
|
|
|
|
|
|
|
3.3
Menampilkan peran serta dalam memilih
organisasi di sekolah
-
Menuliskan tujuan organisasi di sekolah
-
Menyebutkan tugas ketua dalam organisasi
-
Menyebutkan tugas sekretaris dalam organisasi
-
Menyebutkan tugas bendahara dalam organisasi
-
Menyebutkan peranan komite sekolah dalam
organisasi sekolah
-
menunjukkan peran serta organisasi di sekolah
-
Menjelaskan perlunya kita sebagai manusia
menjadi anggota organisasi
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
|
................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : V (Lima) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
Hasil KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya Dukung
|
Intake Siswa
|
Pemahaman Konsep
|
Penerapan
|
||
4.
Menghargai keputusan bersama
|
|
|
|
|
|
|
4.1
Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama
-
Menyebutkan hakekat musyawarah
-
Menyebutkan musyawarah mengutamakan
kepentingan bersama dari pada pribadi
-
Menjelaskan bahwa hasil pemufakatan menjadi
keputusan bersama
-
Menyebutkan asas-asas dalam musyawarah
-
Menyebutkan tiga aturan dalam musyawarah
-
Menyebutkan nilai-nilai positif yang dapat
diambil pada musyawarah
|
|
|
|
|
|
|
4.2
Mematuhi keputusan bersama
-
Menyebutkan bahwa musyawarah adalah cara
menyelesaikan setiap perbedaan pendapat/ perselisihan
-
Menjelaskan makna kemufakatan dari hasil
musyawarah
-
Menunjukkan bahwa hasil musyawarah adalah
untuk kepentingan bersama
-
Menjelaskan cara mengambil keputusan bersama
-
Menyebutkan arti dari demokrasi Pancasila
yaitu keputusan diambil didasarkan musyawarah untuk mufakat
-
Menjelaskan keputusan bersama dapat
dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa
-
Menulis cara-cara voting
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
|
................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : VI (Enam) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN
KKM
|
Hasil KKM dalam
Aspek
|
KKM %
|
||||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake Siswa
|
Pemahaman Konsep
|
Penerapan
|
|||||
1.
Menghargai nilai-nilai juang
dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
|
|
|
|
|
|
|||
1.1
Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses
perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
-
Menceritakan proses perumusan Pancasila
sebagai Dasar Negara
-
Menjelaskan arti pentingnya persatuan dan
kesatuan dalam mewujudkan perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
-
Menyebutkan tokoh yang terlibat dalam
perumusan Pancasila
-
Menuliskan perbedaan rancangan rumusan Dasar
Negara dari para tokoh
-
Menyebutkan tokoh Nasional Panitia sembilan
-
Menjelaskan rumusan Dasar Negara yang sah dan
benar
-
Meneladani nilai juang proses perumusan
Pancasila
|
|
|
|
|
|
|
|||
1.2
Menceritakan secara singkat nilai keber-samaan dalam
proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
-
Menceritakan nilai kebersamaan dalam proses
perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
-
Menyebutkan tokoh-tokoh penting yang berperan
dalam perubahan Piagam Jakarta
-
Mendiskusikan nilai –nilai kebersamaan dalam
kegiatan sehari-hari
-
Menunjukkan sikap mengutamakan kepentingan
bersama dari pada kepentingan pribadi
-
Menyebutkan cara menerima hasil keputusan
bersama
|
|
|
|
|
|
|
|||
1.3
Meneladani nilai-nilai juang para tokoh yang
berperan dalam proses peru-musan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam
kehidupan sehari-hari.
-
Mengidentifikasi nilai-nilai juang dalam kehidupan
sehari-hari
-
Berperilaku menggambarkan semangat persatuan
dan kesatuan
-
Menyebutkan perilaku yang dapat kita teladani
dari para pejuang Perumusan Pancasila
-
Menuliskan contoh penerapan nilai juang tokoh
perumusan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
-
Menjelaskan makna dari Pembukaan UUD 1945
|
|
|
|
|
|
|
|||
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
|||
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
|||
Mengetahui,
Kepala SD/MI
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
|
................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : VI (Enam) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
Hasil KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya Dukung
|
Intake Siswa
|
Pemahaman Konsep
|
Penerapan
|
||
2.
Memahami sistem pemerintahan
Republik Indonesia.
|
|
|
|
|
|
|
Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada
-
Menjelaskan asas Pemilu di Indonesia
-
Menuliskan waktu pelaksanaan Pemilu di
Indonesia yang telah terjadi sembilan kali
-
Menyebutkan undang-undang tentang pemilihan
Umum Presiden dan Wakil Presiden
-
Menjelaskan mengenai tata cara pemungutan
suara
-
Menuliskan latar belakang perlunya Pilkada
secara langsung
-
Menyebutkan pasal-pasal yang menjiwai
pelaksanaan Pilkada secara langsung
-
Menuliskan mekanisme terhadap pelaksanaan
Pilkada
|
|
|
|
|
|
|
Mendeskripsikan
lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen
-
Menuliskan lembaga-lembaga negara menurut UUD 1945 hasil amandemen
-
Menyebutkan pasal-pasal UUD 1945 yang terkait dengan tugas Presiden
-
Menjelaskan susunan keanggotaan MRP
-
Menggambarkan struktur ketata-negaraan Indonesia berdasarkan UUD 1945
yang telah diamandemen
-
Mendiskusikan tugas-tugas lembaga Negara
|
|
|
|
|
|
|
Mendeskripsikan
tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah.
-
Menjelaskan tujuan dibentuk-nya Pemerintahan
-
Menjelaskan hubungan pemerintah pusat dengan daerah sesuai UU No. 32
tahun 2004
-
Menunjukkan perbedaan pemerintah sentralistik dan desentralistik
-
Menuliskan keuntungan penerapan asas desentralisasi dalam pemerintah
NKRI
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
|
................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : VI (Enam) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
Hasil KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya Dukung
|
Intake Siswa
|
Pemahaman Konsep
|
Penerapan
|
||
3.
Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
|
|
|
|
|
|
|
Menjelaskan pengertian kerjasama negara-negara Asia
Tenggara.
-
Dapat menjelaskan pentingnya kerja sama antara
negara-negara di kawasan Asia Tenggara
-
Dapat menyebutkan paling sedikit 3 kerja sama
negara di kawasan Asia Tenggara
-
Dapat menyebutkan lima tokoh pendiri ASEAN
-
Dapat menceritakan tujuan didirikan-nya ASEAN
-
Dapat menunjukkan negara-negara di kawasan
Asia Tenggara dalam Globe
-
Dapat menyebutkan tempat penanda-tanganan
Deklarasi Bangkok
-
Dapat menceritakan latar belakang terbentuknya
ASEAN
-
Dapat menunjukkan pada peta 3 Negara di
kawasan Asia Tenggara yang bukan anggota ASEAN
-
Dapat menggambarkan peta kawasan Asia Tenggara
|
|
|
|
|
|
|
Memberikan contoh peran Indonesia dalam lingkungan
negara-negara di Asia Tenggara.
-
Dapat menuliskan lima Negara pencetus di tandatangani-nya
Deklarasi Bangkok
-
Dapat menyebutkan 2 (dua) kerjasama Indonesia dan Thailand
-
Dapat menceritakan kerjasama dalam bidang
ekonomi
-
Dapat menjelaskan kerjasama ekstradisi
-
Dapat menyebutkan keuntungan negara Indonesia
yang strategis
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
|
................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : VI (Enam) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
Hasil KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya Dukung
|
Intake Siswa
|
Pemahaman Konsep
|
Penerapan
|
||
4.
Memahami peranan politik
luar negeri Indonesia
dalam era globalisasi.
|
|
|
|
|
|
|
Menjelaskan politik luar negeri Indonesia
yang bebas dan aktif.
-
Dapat menyebutkan politik luar negeri Negara Indonesia
-
Dapat menjelaskan arti politik luar negeri Indonesia
yang bebas aktif
-
Dapat menyebutkan usaha pemerintah Indonesia
mewujudkan perdamaian dunia
-
Dapat membuat kesimpulan politik luar negeri Indonesia
yang bebas dan aktif
-
Dapat menyebutkan arti Blok Barat dalam
percaturan politik dunia
-
Dapat menyebutkan arti Blok Timur dalam
percaturan politik dunia
-
Dapat meng-gambar negara-negara penggagas GNB
-
Dapat menyebut-kan negara Yugoslavia yang terpecah belah (Serbia, Kroasia,
Bosnia Herzegovina)
|
|
|
|
|
|
|
Memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia
dalam percaturan internasional
-
Dapat menyebutkan tugas pasukan Garuda
-
Dapat menuliskan negara tujuan Pasukan Garuda
-
Dapat menyebutkan lima tokoh pendiri Gerakan Non Blok (GNB)
-
Dapat menceritakan peran serta Indonesia
dalam APEC (Asia Pasific Economy Cooperation)
-
Dapat menuliskan lima negara yang melaksanakan KTT Gerakan
Non Blok
-
Dapat menceritakan peranan politik Indonesia
dalam percaturan Internasional
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
|
................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK
.........................
|
No comments:
Post a Comment