Jumat, 31 Mei 2013

KARYA TULIS ILMIAH



KARYA TULIS ILMIAH

 

   kenaikan Golongan IVa ke atas, wajib ada angka kredit dari Kegiatan Pengembangan Profesi

 

    Kegiatan pengembangan profesi guru = adalah pengamalan (penerapan) keterampilan guru untuk peningkatan mutu belajar mengajar, atau menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dikbud

 

 

Angka kredit KTI

    Tertinggi  buku hasil penelitian     12,5

    Terendah diktat                               1,0

    Terpopuler 

    makalah hasil penelitian  4,0

    makalah gagasan ilmiah  3,5

    prasaran pada pertemuan ilmiah   2,5

 

KTI berbeda-beda tapi..

    Mempermasalahkan pengetahuan keilmuan

    kebenarannya = kebenaran ilmiah

    Isi sajian  mencerminkan penerapan metode ilmiah

    tampilan fisik sesuai dengan tata cara penulisan karya ilmiah

 

Masalah………

    Naik dari IIIa ke IVa lancar IVa  banyak,

    Golongan IVb ke atas sedikit…… menumpuk

    Wajib 12 kredit pengembangan profesi





    KTI banyak diminati

    KTI tidak mudah..

    KTI banyak yang tidak dapat dinilai

    akibatnya..

Ada yang ………

    Mengeluh, marah, curiga, apatis, .

    Yang penting ada KTI apapun bentuk dan cara membuatnya

    Ada KTI yang diragukan keasliannya.(KTI orang lain yang digunakan kembali,  tidak membuat sendiri, dijahitkan?, dan lain-lain)

    Banyak KTI yang tidak perlutidak bermanfaat.

    Tidak sesuai dengan tujuan  Kegiatan Pengembangan Profesi

 

Padahal ..

   Kegiatan pengembangan profesi guru adalah pengamalan iptek dan ketrampilan  untuk peningkatan mutu belajar mengajar, atau menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dikbud

Sehingga………

    KTI yang mencerminkan ketidakjujuran (KTI yang tidak ASLI)

    KTI yang tidak bermanfaat

 

   TIDAK mencerminkan KEGIATAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU

   Tidak perlu  diberikan penghargaan (angka kredit)

KTI = LAPORAN prestasi

    Laporkan via KTI

    KTInya APIK

 

 

Contoh

Tidak JUJUR

    Pengaruh model pembelajaran melalui seting belajar kooperatif terhadap pemahaman konseptual dan algoritmik matematik realistik.

 

    Kajian sangat rinci dengan format tesis jumlah halaman 182, dengan 43 kepustakaan

    Terdapat indikasi KTI tidak asli

    Bukan karya yang bersangkutan, lebih mirip tesis

    Diperingatkan dan disarankan membuat KTI baru, karya sendiri  tentang permasalahan nyata di kelasnya

Tidak Manfaat

    Membangun karakter bangsa melalui kegiatan ekstra-kurikuler

    Mendiskripsikan upaya membangun karakter bangsa

    Masalah terlalu luas

    Tidak ada kaitan nyata dengan permasalahan PBM di kelasnya

    Hanya berupa kliping pendapat

    Disarankan membuat KTI baru tentang permasalahan nyata di kelasnya

Tidak Perlu

    Hubungan antara kondisi ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa

 

    Studi korelasi antara pendapat siswa tentang kondisi ekonomi ortunya dengan nilai prestasi belajar (yang diambil via kusener)

     Masalah sangat umum, sudah jelas jawabannya

 

     Tidak ada kaitan nyata dengan permasalahan PBM di kelasnya

 

     Tidak ada tindakan terhadap PBM

 

    Disarankan membuat KTI baru tentang permasalahan nyata di kelasnya

Bagaimana seharusnya?

KTI = LAPORAN prestasi

Laporkan via KTI

KTInya harus APIK

 

 

KTI  harus……...

 

Apik

Yang pernah dijumpai,

    Terlihat KTI tsb karya orang /institusi lain.

    KTI berupa skripsi, tesis ybs.

    KTI satu daerah :  sama (sangat mirip)  satu dengan yang lainnya

    Orang sama, KTI sangat mirip : pengantar, isi, daftar pustaka dll sama, yang beda hanyalah tanggal pembuatannya.

    Atau bahkan Sangat Beda

 

Perlu

Yang pernah dijumpai,
KTI tsb mempermasalahkan

    KTI sangat umum, tidak terkait dengan permasalahan di sekolah/ di kelasnya,

    kliping tidak ada pendapat ybs

    sudah jelas jawabannya, tidak manfaat

    Tidak ada kegiatan nyata  PBM.

    Tidak jelas ALASANnya

KTI = Harus Manfaat

Laporkan via KTI

KTInya harus APIK

Tugas Profesional Guru
 
-   Merancang
   - Menyajikan
   - Mengevaluasi

 









1.  Penelitian eksperimental

   menguji keberhasilan  suatu tindakan  PBM

          Penelitian Tindakan Kelas

          Penelitian eksperimen khusus

     Dicermati proses dan akibat tindakan

     Dilakukan tindakan berikutnya

     Agar didapat informasi yang mantap   thd dampak tindakan

Adakah tindakan PBM?

    Peranan perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa

     Studi korelasi antara pendapat siswa tentang kegiatannya di perpustakaan dengan nilai prestasi belajar Bahasa Indonesia, di SMP X

    Masalah sangat umum, sudah jelas jawabannya

    Tidak ada kaitan nyata dengan permasalahan PBM di kelasnya

    Tidak ada tindakan terhadap PBM

    Disarankan membuat KTI baru tentang permasalahan nyata di kelasnya

Adakah kegiatan nyata PBM?

    Suatu tinjauan tentang pelaksanaan pembelajaran Sejarah di SMU

 

    Uraian tentang berbagai konsep dalam pembelajaran sejarah

    Masalah terlalu luas

    Tidak ada tindakan nyata PBM di kelasnya

    Berupa kumpulan pendapat beberapa pakar

    Disarankan membuat KTI baru tentang permasalahan nyata di kelasnya

 

Ilmiah

Yang pernah dijumpai,

    Masalahnya tidak jelas

    Kerangka isi tidak mengikuti pedoman, tidak jelas apakah penelitian atau ulasan ilmiah, atau KTI yang lain

    Teori kurang terkait

    Daftar pustaka tidak sesuai

    Fakta tidak relevan

    Analisis, instrumen, data tidak lengkap

    Kesimpulan tidak menjawab permasalahan

    METODE tidak sesuai

    PTK tindakan TIDAK RINCI

 

Kegiatan Ilmiah

   Pengetahuan

   Ilmu / Metode Ilmiah

   Penelitian

   Laporan hasil penelitian = Karya Tulis Ilmiah

 

Konsisten

Yang pernah dijumpai..

    KTI dari guru SMU membahas SD

    Dari guru di sekolah A di daerah B membahas sekolah X di daerah Y

    Membina mata pelajaran A membahas mata belajar Z

    Tugasnya X membahas masalah Y (guru membahas kepengawasan, kepariwisataan, dll..)

 

Belum dapat dinilai

    Pengaruh komunikasi kepala sekolah terhadap peningkatan semangat kerja guru

 

     Studi deskriptif berdasar hasil angket yang diisi oleh guru yang menanggapi kegiatan komunikasi kepala sekolah dan kinerjanya

    Tidak berkaitan dengan tugas guru dalam pembelajaran

     Tidak ada kegiatan nyata yang dilakukan guru tentang  permasalahan PBM di kelasnya

     Disarankan membuat KTI baru tentang permasalahan nyata di kelasnya

     (KTI tersebut relevan bila  ditulis oleh kepala sekolah)


Rangkuman

 

   Kegiatan pengembangan profesi guru

= penerapan kegiatan untuk meningkatkan mutu PBM

= ada kegiatan nyata yang bermanfaat

   KTI adalah laporan kegiatan pengembangan profesi guru

   KTI harus APIK

   Keaslian (kejujuran) nilai utama

    KTI bukan SKRIPSI, TESIS atau DESERTASI 

    KTI adalah laporan kegiatan pengembangan profesi guru

    Fokuskan  pada

  adakah kegiatan pengembangan profesi yang dilakukan guru

  adakah manfaatnya kegiatan yang dilakukan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar