KARYA TULIS ILMIAH
KARYA
TULIS ILMIAH
•
kenaikan Golongan IVa ke atas, wajib ada angka kredit
dari Kegiatan Pengembangan Profesi
•
Kegiatan pengembangan profesi guru = adalah
pengamalan (penerapan) keterampilan guru untuk
peningkatan mutu belajar mengajar, atau menghasilkan sesuatu yang
bermanfaat bagi dikbud
Angka kredit KTI
• Tertinggi buku hasil penelitian 12,5
• Terendah diktat 1,0
• Terpopuler
makalah hasil
penelitian 4,0
makalah gagasan
ilmiah 3,5
prasaran pada pertemuan ilmiah 2,5
KTI berbeda-beda tapi..
• Mempermasalahkan
pengetahuan keilmuan
• kebenarannya = kebenaran
ilmiah
• Isi sajian mencerminkan penerapan metode ilmiah
•
tampilan fisik sesuai dengan tata cara penulisan karya ilmiah
Masalah………
•
Naik dari IIIa ke IVa lancar… IVa banyak,
• Golongan
IVb ke atas sedikit…… menumpuk
•
Wajib 12 kredit pengembangan profesi
• KTI
banyak diminati
• KTI
tidak mudah…..
• KTI
banyak yang tidak dapat dinilai
• akibatnya…..
Ada yang ………
•
Mengeluh, marah, curiga, apatis, ….
• Yang
penting ada KTI … apapun bentuk dan cara
membuatnya
•
Ada KTI yang diragukan keasliannya….(KTI
orang lain yang digunakan kembali, tidak
membuat sendiri, dijahitkan?, dan lain-lain)
•
Banyak KTI yang tidak perlu…tidak
bermanfaat.
•
Tidak sesuai dengan tujuan Kegiatan Pengembangan Profesi
Padahal …..
Kegiatan
pengembangan profesi guru adalah pengamalan iptek dan ketrampilan untuk peningkatan mutu belajar mengajar, atau menghasilkan
sesuatu yang bermanfaat bagi
dikbud
Sehingga………
• KTI yang
mencerminkan ketidakjujuran (KTI yang tidak ASLI)
• KTI yang tidak
bermanfaat
TIDAK mencerminkan KEGIATAN PENGEMBANGAN
PROFESI GURU
Tidak perlu diberikan penghargaan (angka kredit)
KTI = LAPORAN prestasi
•
Laporkan via KTI
•
KTInya APIK
Contoh
Tidak
JUJUR
• Pengaruh
model pembelajaran melalui seting belajar kooperatif terhadap pemahaman
konseptual dan algoritmik matematik realistik.
•
Kajian sangat rinci dengan format
tesis jumlah halaman 182, dengan 43 kepustakaan
• Terdapat
indikasi KTI tidak asli
•
Bukan karya yang bersangkutan, lebih
mirip tesis
•
Diperingatkan dan disarankan
membuat KTI baru, karya sendiri tentang
permasalahan nyata di kelasnya
Tidak
Manfaat
• Membangun
karakter bangsa melalui kegiatan ekstra-kurikuler
•
Mendiskripsikan upaya membangun
karakter bangsa
• Masalah
terlalu luas
•
Tidak ada kaitan nyata dengan
permasalahan PBM di kelasnya
•
Hanya berupa “kliping”
pendapat
•
Disarankan membuat KTI baru tentang
permasalahan nyata di kelasnya
Tidak
Perlu
• Hubungan
antara kondisi ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa
•
Studi korelasi antara pendapat siswa
tentang kondisi ekonomi ortunya dengan nilai prestasi belajar (yang diambil via
kusener)
•
Masalah sangat umum, sudah jelas
jawabannya
•
Tidak ada kaitan nyata dengan
permasalahan PBM di kelasnya
•
Tidak ada tindakan terhadap PBM
•
Disarankan membuat KTI baru tentang
permasalahan nyata di kelasnya
Bagaimana seharusnya?
KTI = LAPORAN prestasi
•Laporkan via KTI
•KTInya harus APIK
KTI harus……...
Apik
Yang pernah dijumpai,
• Terlihat KTI tsb karya orang
/institusi lain.
• KTI berupa skripsi, tesis ybs.
• KTI satu daerah : sama (sangat mirip) satu dengan yang lainnya
• Orang sama, KTI sangat mirip :
pengantar, isi, daftar pustaka dll sama, yang beda hanyalah tanggal
pembuatannya.
•
Atau bahkan Sangat Beda
Perlu
Yang pernah dijumpai,
KTI tsb mempermasalahkan…
• KTI sangat umum, tidak terkait dengan
permasalahan di sekolah/ di kelasnya,
• “kliping ” tidak ada pendapat ybs
• sudah jelas jawabannya, tidak manfaat
• Tidak ada kegiatan nyata
PBM….
• Tidak jelas ALASANnya
KTI = Harus Manfaat
•Laporkan via KTI
•KTInya harus APIK
• Tugas Profesional Guru
- Merancang
- Menyajikan
- Mengevaluasi
1.
Penelitian eksperimental
• menguji
keberhasilan suatu tindakan PBM
•
Penelitian Tindakan Kelas
•
Penelitian eksperimen khusus
• Dicermati proses dan akibat tindakan
• Dilakukan tindakan berikutnya
• Agar didapat informasi yang mantap thd dampak tindakan
Adakah tindakan PBM?
• Peranan
perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa
•
Studi korelasi antara pendapat siswa
tentang kegiatannya di perpustakaan dengan nilai prestasi belajar Bahasa
Indonesia, di SMP X
•
Masalah sangat umum, sudah jelas
jawabannya
•
Tidak ada kaitan nyata dengan
permasalahan PBM di kelasnya
• Tidak
ada tindakan terhadap PBM
•
Disarankan membuat KTI baru tentang
permasalahan nyata di kelasnya
Adakah kegiatan nyata PBM?
•
Suatu tinjauan tentang pelaksanaan pembelajaran
Sejarah di SMU
•
Uraian tentang berbagai konsep dalam
pembelajaran sejarah
•
Masalah terlalu luas
•
Tidak ada tindakan nyata PBM di
kelasnya
•
Berupa kumpulan pendapat beberapa
pakar
•
Disarankan membuat KTI baru tentang
permasalahan nyata di kelasnya
Ilmiah
Yang pernah dijumpai,
• Masalahnya tidak
jelas
•
Kerangka isi tidak mengikuti pedoman,
tidak jelas apakah penelitian atau ulasan ilmiah, atau KTI yang lain
• Teori kurang
terkait
• Daftar pustaka
tidak sesuai
• Fakta tidak relevan
• Analisis,
instrumen, data tidak lengkap
• Kesimpulan tidak
menjawab permasalahan
•
METODE tidak sesuai
• PTK tindakan TIDAK
RINCI
Kegiatan Ilmiah
• Pengetahuan
• Ilmu
/ Metode Ilmiah
• Penelitian
•
Laporan hasil penelitian = Karya Tulis
Ilmiah
Konsisten
Yang pernah dijumpai…..
• KTI dari guru SMU membahas SD…
• Dari guru di sekolah A di daerah B
membahas sekolah X di daerah Y
• Membina mata pelajaran A membahas
mata belajar Z
• Tugasnya X membahas masalah Y (guru membahas
kepengawasan, kepariwisataan, dll..)
Belum
dapat dinilai
• Pengaruh
komunikasi kepala sekolah terhadap peningkatan semangat kerja guru
•
Studi deskriptif berdasar hasil
angket yang diisi oleh guru yang menanggapi kegiatan komunikasi kepala sekolah
dan “kinerja”nya
• Tidak
berkaitan dengan tugas guru dalam pembelajaran
•
Tidak ada kegiatan nyata yang
dilakukan guru tentang permasalahan PBM
di kelasnya
•
Disarankan membuat KTI baru tentang
permasalahan nyata di kelasnya
•
(KTI tersebut relevan bila ditulis oleh kepala sekolah)
Rangkuman
• Kegiatan
pengembangan profesi guru
= penerapan kegiatan untuk meningkatkan mutu PBM
= ada kegiatan nyata yang bermanfaat
•
KTI adalah laporan kegiatan
pengembangan profesi guru
•
KTI harus APIK
•
Keaslian (kejujuran) nilai utama
• KTI bukan SKRIPSI,
TESIS atau DESERTASI
• KTI adalah laporan
kegiatan pengembangan profesi guru
• Fokuskan pada
– adakah kegiatan
pengembangan profesi yang dilakukan guru
– adakah manfaatnya
kegiatan yang dilakukan
No comments:
Post a Comment