RENCANA KEGIATAN HARIAN
KELOMPOK BERMAIN TK TUNAS BANGSA
Kelompok/
Usia : …………………………………………………….
Tema/Sub
tema : …………………………………………………….
Semester/Minggu : …………………………………………………….
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Sentra :
…………………………………………………….
WAKTU
|
LINGKUP PERKEMBANGAN & SUB LINGKUP PERKEMBANGAN
|
TAHAPAN PERKEMBANGAN
|
KEGIATAN
|
ALAT & BAHAN
|
EVALUASI
|
||||||
06.45 – 07.15
07.00 – 08.00
08.00 – 08.20
08.20 – 08.30
08.30 – 09.00
09.00 – 09.30
09.30 – 10.30
10.30 – 10.45
10.45 -11.00
|
|
|
A.
Pijakan Lingkungan Main:
-
Menata sejumlah kegiatan main
dengan tempat main yang tertata
-
Menyiapkan alat dan bahan yg
diperlukan pada kegiatan main tersebut.
-
Menyiapkan bahan-bahan yang dapat
mendukung keaksaraan (kertas, krayon, pensil, dll)
-
Menyiapkan buku ceritera (dapat
membuat buku sendiri) sesuai tema, budaya setempat
B.
Penyambutan Kedatangan Anak :
-
Guru menyapa anak dan pengantar
ketika anak sampai di sekolah
-
Guru memuji anak atas sesuatu
yang khusus pada diri anak (misalnya : pakaian, aksesoris yang dipakai anak,
sepatu, dll)
-
Guru mempersilakan anak untuk
bermain bebas di luar dengan pendampingan orang dewasa (pengantar/guru)
-
Guru memberi kesempatan pengantar
untuk memberikan salam perpisahan sebelum meninggalkan anak
C.
Pengembangan Motorik Kasar:
-
Main pembukaan dan ikrar bersama
-
Senam pagi di halaman atau
kegiatan pengembangan fisik lainnya
D.
Transisi) :
-
Ke kamar mandi dan cuci tangan
-
Minum
E.
Pijakan Sebelum Main :
-
Salam
-
Menyanyi lagu
-
Do’a ………………………..
-
Hadist……………………..
-
Surat pendek………………….
-
Berceritera…………………….
-
Menjelaskan konsep sesuai tema……………………
-
Mengenalkan kosa kata
-
Mendiskusikan ide-ide yang
terkait dengan pengalaman main yang akan dimainkan
-
Mendiskusikan aturan, harapan dan
rangkaian waktu main
-
Transisi menuju ke kegiatan
bermain
F.
ISTIRAHAT
-
Makan bersama
-
Bermain bebas
G.
Pijakan Saat Main):
-
Memberikan waktu yang cukup untuk
bermain
-
Mengamati perkembangan main
setiap anak
-
Memberikan pijakan kepada anak
sesuai kebutuhan, seperti mengajukan pertanyaan, memberikan gagasan,
mencontohkan atau menambah alat main
-
Mencatat/mendokumentasikan
perkembangan anak
-
Mengingatkan anak jika waktu bermain akan
berakhir
H.
Pijakan Sesudah Main (15
menit):
-
Mengembalikan alat main ke tempat
semula berdasarkan bentuk, warna,
-
Menanyakan kegiatan main yang
telah dilakukan oleh anak
-
Menguatkan konsep yang telah
dibangun anak
-
Memberikan pujian atas perilaku
positif yang telah dilakukan anak
I.
Kepulangan
- Berdoa
- Pulang
- Mendampingi anak sampai dijemput
|
Peralatan dan bahan
sesuai dengan kegiatan main yang disiapkan
Kaset, Tape
Buku doa
Buku hadist
Buku Cerita
White Board, spidol
Bekal
APE Indoor dan
Outdoor
|
|
Mengetahui, bahar, selatan…………………
Pimpinan PADU AL – TK TUNAs bangsa Guru Kelas,
(PETRIANI,S.Pd) (………………………………………………..)
No comments:
Post a Comment