Thursday 19 September 2013

RKH TK TUNAS BANGSA UJUNG TANJUNG TH 2013



RENCANA KEGIATAN HARIAN
KELOMPOK BERMAIN  TK TUNAS BANGSA
Kelompok/ Usia            : …………………………………………………….
Tema/Sub tema           : …………………………………………………….
Semester/Minggu       : …………………………………………………….
Hari/Tanggal                   : …………………………………………………….
Sentra                               : …………………………………………………….


WAKTU
LINGKUP PERKEMBANGAN & SUB LINGKUP PERKEMBANGAN
TAHAPAN PERKEMBANGAN

KEGIATAN

ALAT & BAHAN

EVALUASI
06.45 – 07.15












07.00  – 08.00















08.00 – 08.20




08.20 – 08.30




08.30 – 09.00















09.00 – 09.30





09.30   – 10.30



























10.30 – 10.45










10.45  -11.00










A.        Pijakan Lingkungan Main:
-       Menata sejumlah kegiatan main dengan tempat main yang tertata
-       Menyiapkan alat dan bahan yg diperlukan pada kegiatan main tersebut.
-       Menyiapkan bahan-bahan yang dapat mendukung keaksaraan (kertas, krayon, pensil, dll)
-       Menyiapkan buku ceritera (dapat membuat buku sendiri) sesuai tema, budaya setempat

B.         Penyambutan Kedatangan Anak :
-       Guru menyapa anak dan pengantar ketika anak sampai di sekolah
-       Guru memuji anak atas sesuatu yang khusus pada diri anak (misalnya : pakaian, aksesoris yang dipakai anak, sepatu, dll)
-       Guru mempersilakan anak untuk bermain bebas di luar dengan pendampingan orang dewasa (pengantar/guru)
-       Guru memberi kesempatan pengantar untuk memberikan salam perpisahan sebelum meninggalkan anak


C.         Pengembangan Motorik Kasar:
-       Main pembukaan dan ikrar bersama
-       Senam pagi di halaman atau kegiatan pengembangan fisik lainnya

D.        Transisi) :
-       Ke kamar mandi dan cuci tangan
-       Minum

E.         Pijakan Sebelum Main :
-       Salam
-       Menyanyi lagu
-       Do’a ………………………..
-       Hadist……………………..
-       Surat pendek………………….
-       Berceritera…………………….
-       Menjelaskan  konsep sesuai tema……………………
-       Mengenalkan kosa kata
-       Mendiskusikan ide-ide yang terkait dengan pengalaman main yang akan dimainkan
-       Mendiskusikan aturan, harapan dan rangkaian waktu main
-       Transisi menuju ke kegiatan bermain

F.         ISTIRAHAT
-       Makan bersama
-       Bermain bebas


G.        Pijakan Saat Main):
-       Memberikan waktu yang cukup untuk bermain
-       Mengamati perkembangan main setiap anak
-       Memberikan pijakan kepada anak sesuai kebutuhan, seperti mengajukan pertanyaan, memberikan gagasan, mencontohkan atau menambah alat main
-       Mencatat/mendokumentasikan perkembangan anak
-        Mengingatkan anak jika waktu bermain akan berakhir

no
Jenis main
Jmh tempat main














H.         Pijakan Sesudah Main (15 menit):
-       Mengembalikan alat main ke tempat semula berdasarkan bentuk, warna,
-       Menanyakan kegiatan main yang telah dilakukan oleh anak
-       Menguatkan konsep yang telah dibangun anak
-       Memberikan pujian atas perilaku positif yang telah dilakukan anak


I.           Kepulangan
-       Berdoa
-       Pulang
-       Mendampingi anak sampai dijemput









Peralatan  dan bahan sesuai dengan kegiatan main yang disiapkan






















Kaset, Tape









Buku doa
Buku hadist

Buku Cerita
White Board, spidol








Bekal
APE Indoor dan
Outdoor













































Mengetahui,                                                                                                                                                                                                      bahar,  selatan…………………
Pimpinan PADU AL – TK TUNAs bangsa                                                                                                                                                                  Guru Kelas,


(PETRIANI,S.Pd)                                                                                                                                                                                               (………………………………………………..)

No comments:

Post a Comment