BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Sumber daya manusia merupakan modal penting untuk membangun suatu
bangsa. Maju mundurnya suatu negara sangat dipengaruhi oleh warga negaranya.
Oleh karena itu seluruh negara berupaya untuk meningkatkan sumber daya manusia
yang dimilikinya di samping sumber daya alamnya. Dan pada akhirnya
negara-negara tersebut memiliki sumber daya manusia yang bisa diandalkan di
dunia internasional. Negara Indonesia
yang merupakan negara berkembang sangat penting untuk meningkatkan sumber daya
manusia. Indonesia memiliki PNS. Terutama Guru tersebut
merupakan aset nasional Indonesia yang sangat berharga, karena selain bisa
menghasilkan kelulusan yang terbaik bagi negara juga dapat meningkatkan kewibawaan Indonesia di mata dunia.
Untuk mencegah terulangnya kejadian
memalukanwaktu diklat banyak sekali
tentang ICT tadi, muncul
berbagai pikiran-pikiran untuk menanggulanginya. Salah satu caranya dengan
meningkatkan sumber daya manusia bangsa Indonesia di bidang ICT ( Aplikasi ). Dengan kemakmuran di bidang ICT, terutama salah satunya adalah Aplikasi penilaian.
Upaya SDN NO.164/IX Tanjung Lebar tersebut adalah mencanangkan adanya “Pembelajaran khusus aplikasi penilaian khusus Guru ”. mulai dilaksanakan pada tahun ajaran 2012/2013.
Berdasarkan
hal tersebut, penulis tersentuh untuk melakukan penelitian tentang keefektifan aplikasi penilaian sebagai salah satu jalan atau cara untuk meningkatkan sumber
daya manusia rakyat Indonesia khususnya di SDN NO.164/IX Tanjung Lebar.
B. Rumusan Masalah dan Rencana Pemecahannya
- Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ini memuat pertanyaan alasan
dan bagaimana tahapan-tahapan diadakan aplikasi penilaian dan tentang
keefektifan aplikasi penilaian dilihat dari aspek pembuatan Silabus SDN NO.164/IX Tanjung Lebar, Adapun rumusam masalah
dalam penelitian ini adalah:
Ø Apakah melalui bimbingan teknik dapat meningkatkan
kemampuan guru melaksanakan perangkat penilaian melalui aplikasi penilaian
siswa di SDN NO .164/ Tanjung Lebar ?
- Rencana Pemecahan Masalah
Dalam penelitian ini penulis hanya
melakukan penelitian di lingkup SDN
NO .164/ Tanjung Lebar serta melakukan observasi ke lembaga-lembaga lainnya yang terkait
dengan penelitian tentang aplikasi
penilaian. Yang diharapkan aplikasi penilaian ini
dapat meningkatkan sumber daya manusia khususnya pada penilaian Aplikasi Guru SDN NO .164/
Tanjung Lebar, supaya nantinya mereka tertarik
dan mempunyai pengetahuan tentang aplikasi
penilaian dan bisa menjadi bibit-bibit yang bisa ikut
andil dalam membesarkan nama SDN NO
.164/IX Tanjung Lebar melalui aplikasi penilaian ( ICT )
di kancah Kabupaten.Suatu pelajaran dikatakan berhasil apabila dalam perencanaan,
penyajian dan evaluasi sesuai dengan standar kurikulum yang berlaku yang saat
ini disebut KTSP.
Masalah pada penelitian ini adalah aplikasi penilaian hanya
dilaksanakan di SDN NO. 164/IX
Tanjung Lebar sehingga perlu diadakan penelitian
tentang alasan dan bagaimana tahapan-tahapan
diadakan aplikasi penilaian
dengan silabus yang dipakai, kinerja
gurunya dan respon siswa yang didapat
melalui laporan gurunya. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu diadakan telaah
pustaka, wawancara lembaga yang terkait dan pihak pengelola sekolah.
Sekali lagi kinerja guru sangat
penting dipantau dalam penerapan aplikasi
penilaian ini karena pelajaran ini merupakan pelajaran
baru. Melalui kinerja guru yang baik khususnya pada aspek disiplin membuat hasil penilaian yang mencakub semua aspek-aspek
yang ada pada murid ini diharapkan adanya evaluasi
terus menerus sehingga dapat diketahui
peningkatan sumber daya manusia terhadap Aplikasi penilaian sebagai aset local milik
nasional.
C. Tujuan
Tujuan
penelitian ini adalah:
Ø Meningkatkan kemampuan guru SDN NO .164/ Tanjung Lebar menggunakan perangkat Aplikas
penilaian melalui bimbingan teknik.
D. Manfaat
Manfaat penelitian
ini adalah:
- Guru : dapat menggunakan Aplikasi sebagai salah satu alat penilaian
- Bagi sekolah : yang melaksanakan KTSP sebaiknya dalam penilaian menggunakan format penilaian yang bervariasi sehingga kemampuan siswa dapat diukur secara valid
- Kepala Sekolah : dapat meningkatkan kinerja profesionalimenya dan pembinaan kepada guru SDN NO .164/ Tanjung Lebar melalui bimbingan teknik.
E. Hipotesis Tindakan
Ø Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah
terdapat peningkatan efektifitas peranan Aplikasi dalam
meningkatkan sumber daya manusia Aplikasi penilaian SDN NO .164/ Tanjung Lebar bila ditinjau dari perkembangan kelayakan silabus,
peningkatan kinerja guru, dan evaluasi hasil kinerja belajar Guru dari Aplikasi penilaian
SDN NO .164/IX Tanjung Lebar.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.. Aplikasi penilaian SDN NO .164/ Tanjung Lebar
Aplikasi penilaian merupakan bentuk penilaian yang
dilakukan Guru terhadab murid dengan berbagai cara dan
teknik , sebuah Aplikasi penilaian di SDN NO .164/IX Tanjung
Lebar dari pengawas TK/SD .Yang sekarang berkembang ke
seluruh Guru SDN
NO .164/IX Tanjung Lebar bahkan sampai ke Sekolah
Dasar Lain.
Latar belakang Aplikasi penilaian pada dasarnya sama dengan latar belakang penilaian lain namun Aplikasi penilaian
banyak sekali munculnya
berbagai aspek –aspek ,ringkas, dan
terutama yang berhubungan dengan selabus SDN NO .164/IX Tanjung Lebar.
Seiring dengan
perubahan waktu bentuk dan unsur penilaian
biasa tersebut berubah
menjadi satu bentuk Aplikasi penilaian
yang berkembang lebih baik
sesuai perkembangan zaman.
B. Muatan Aplikasi penilaian
.Adapun tujuan
dicanangkan Aplikasi penilaian ini adalah:
1. Agar SDN NO .164/IX Tanjung Lebar mempunyai pengetahuan yang luas tentang Aplikasi Penilaian karena sampai sekarang para Guru hanya tahu penilaian biasa sebatas satu aspek , maka lewat belajar Aplikasi Penilaian ini mereka
bisa lebih mendalam mengetahui tentang seluk beluk Aplikasi Penilaian,
2. Agar Aplikasi Penilaian di SDN NO
.164/IX Tanjung Lebar tetap kontinyu,
3. lebih mengembangkan Penilaian Aplikasi supaya dapat dikenal Sekolah Dasar lain.
Harapan penelitian dan kepala sekolah SDN NO .164/IX Tanjung
Lebar dengan adanya Aplikasi Penilaian adalah para Guru dapat tertarik untuk
melaksanakan Aplikasi Penilaian sehingga nantinya dapat membawa dapak ke lulusan SDN NO .164/IX Tanjung Lebar.
C. Bahan Ajar` Aplikasi
Penilaian
a.
Standar Kompetensi
Memahami kondisi Aplikasi Penilaian Guru SDN NO .164/IX Tanjung
Lebar .
b.
Kompetensi Dasar
1) Membukak Aplikasi Penilaian
2)
Mengidentifikasi Bentuk Aplikasi Penilaian
3)
Pengisian
data Aplikasi Penilaian
4)
Aspek yang
terkaitan dengan tingkat daya serap anak.
c.
Materi
1)
Mengidentifikasi Aplikasi Penilaian SDN NO .164/IX Tanjung Lebar
2)
Mengidentifikasi Bentuk AplikasiPenilaian SDNNO.164/IX Tanjung
Lebar
3)
Mengidentifikasi data Aplikasi Penilaian SDNNO.164/IX Tanjung Lebar
4)
Mengidentifikasi Aspek yang terkaitan dengan tingkat daya serap
Guru SDNNO.164/IX Tanjung Lebar
5)
Mengidentifikasi pengaruh Aplikasi Penilaian SDNNO.164/IX Tanjung Lebar
6) Mengartikan pengertian Aplikasi
Penilaian SDNNO.164/IX Tanjung Lebar
7) Menghitung Hasil Penelitian Aplikasi Penilaian di SDNNO.164/IX Tanjung Lebar
BAB III
METODE PENELITIAN TINDAKAN
A. Desain Penelitian
Tindakan
Desain penelitian tindakan yang
digunakan adalah desain penelitian tindakan Sekolah dengan menggunkan siklus. Setiap siklus
yang digunakan memuat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
B. Subyek dan Obyek
Subyek dalam penelitian adalah peneliti
tindakan sekolah
atas binaan Kadrizal,S,Pd ( Kepala SDN NO .164/IX Tanjung
Lebar).
Obyek penelitian ini adalah guru SDN NO .164/IX Tanjung Lebar.
C. Lokasi dan Waktu
Penelitian
Waktu penelitian adalah
dimulai tanggal 1 Pebruari 2013 sampai dengan 30 April 2013 sesuai dengan 2 siklus yang direncanakan. Siklus pertama dilakukan selama 6 pertemuan atau 3
minggu dan siklus kedua juga dilaksanakan selama 6 kali pertemuan atau 3
minggu. Tempat penelitian adalah SDN
NO .164/IX Tanjung Lebar yaitu yang bealamat di jalan Punai 1,Desa Tanjung Lebar Kecamatan Bahar Selatan. Langkah-langkah dalam
penelitian ini adalah seperti berikut.
D. Prosedur
1. Perencanaan
langkah
ini peneliti menyiapkan perangkat penelitian dan Aplikasi Penilaian
penelitian. Perangkat penelitian adalah format Aplikasi Penilaian yang berorientasi pada KTSP. Instrumen Aplikasi
Pada Penilaian (lembar observasi) yang dipakai untuk
mengetahui kelayakan Aplikasi yang dibuat guru adalah kriteria
kelayakan yang ditinjau dari Isi, Bahasa dan terkaitan tingkata kesulitan soal dengan kemampuan anak dalam menjawab
soal-soal.
2. Pelaksanaan Tindakan
Pada
langkah ini peneliti melaksanakan penelitian per siklus. Perangkat dan instrumen (Aplikasi Penilaian) yang telah dibuat digunakan untuk pelaksanaan tindakan.
3
Observasi.
Perubahan
tentang pembuatan Aplikasi Penilaian oleh kepala sekolah ( Kadrizal,S.Pd ). Peningkatan kinerja guru SDN NO .164/IX Tanjung Lebar diamati dengan mengisi Aplikasi observasi. Dan respon Guru diamati dari hasil
angket.
4.
Refleksi
Refleksi
dilaksanakan setiap akhir siklus, untuk merancang tindakan siklus selanjutnya.
Diharapkan terdapat peningkatan validitas Aplikasi Penilaian yang
dibuat guru sesuai dengan standar kelayakan, adapun tingkat keberhasilan validitas
Aplikasi Penilaian disesuaikan dengan nilai validitas pada
lembar observasi. Aplikasi dikatakan valid bila memenuhi nilai lebih
dari atau sama dengan 75, dengan syarat nilai minimal 65 untuk setiap kategori pada lembar observasi. Hal ini dimaknai bahwa Aplikasi dikatakan minimal cukup valid. Untuk tingkat keberhasilan kinerja guru
(kedisiplinan) yang dipandang dari
prosentase Aplikasi dikatakan berhasil bila memenuhi 95% tingkat pelaksanaan Aplikasi nilai. Sedangkan untuk respon guru dari
laporan Kepala sekolah dikatakan berhasil bila guru mempunyai prosentase respon positif lebih
besar daripada respon negatif.
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
A.
Hasil
Sebelum
peneliti menulis hasil penelitian secara
deskriptif dapat dilaporkan
tentang kenapa alasan Aplikasi
Penilaian dapat meningkat SDM personil sekolah.
1.
Alasan Aplikasi Penilaian Dapat Meningkatkan SDM Guru ( personil Sekolah )
Dalam Aplikasi Penilaian ini, pihak sekolah yaitu SDN NO .164/IX Tanjung Lebar belum terlalu mengacu atau
terobsesi untuk menyukseskan program Aplikasi Penilaian ini,
padahal Aplikasi Penilaian ini kalau dilaksanakan secara
optimal bisa sukses dan bisa menciptakan kualitas sumber daya manusia yang
tinggi di bidang Pendidikan. Di samping itu, Aplikasi Penilaian ini mulai dilirik oleh semua dunia Pendidikan, terutama yang berhubungan
dengan penilaian.
3. Tahapan-Tahapan Aplikasi Penilaian
Dinas
pendidikan,Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah Kabupaten Muaro Jambi telah
mempunyai suatu konsep untuk pendidikan pengenalan Aplikasi Penilaian. Dengan adanya konsep ini
diharapkan dapat meningkatkan
kualitas sumber daya manusia (khususnya SDN NO .164/IX Tanjung Lebar) di Aplikasi Penilaian .
Tahapan-tahapan tersebut adalah :
|
||||
ket
B. Hasil siklus I
Setelah
peneliti mengamati dan melaksanakan pretes
dan siklus I, hasil penelitian yang diperoleh dari lembar validasi
Aplikasi SDN NO . 164/IX Tanjung
Lebar diperoleh 55 %. Hal ini berarti bila disesuikan dengan
criteria indicator kelayakan validasi Aplikasi yang dibuat para guru belum layak karena
kurang dari skor 56 (Kurang dari 95 % dan Hal ini dapat dilihat pada tabel di halaman berikut.
Tabel 4.1 Hasil
Rekapitulasi Aplikasi penilaian Siklus I
Tabel hasil Tes formatif
Guru SDN NO. 164/IX Tanjung Lebar
No
|
Nama Guru
|
Nilai Observasi / Nila Formatif
|
|
Pretes
|
Siklus I
|
||
1
2
3
4
5
6
|
Rita,B.S.Pdi
Cicilia
Sri Rahayu, S.Pd
Efrelisnawati
Erman, S.Pd
Irawan, S.Pd
Sri
Wahyuni
|
70,00
65,00
65,00
60,00
56,00
60,00
|
75,00
70,00
65,00
68,00
68,00
70,00
|
Diagram Penilaian Hasil Tes Formatif SDN NO. 164/IX Tanjung Lebar
Kriteria atau
indicator Aplikasi Penilaian ada table di atas yang perlu dicermati adalah
Hasil
pengamatan kinerja guru SDN NO. 164/IX Tanjung Lebar dipandang dari aspek
keberhasilan belum berhasil, hal ini diindikasikan dengan prosentase 56% (kurang dari 95%) yaitu masuk 2 kali dari 3 kali pertemuan.
C. Refleksi
Sebelum peneliti mengadakan siklus II refleksi yang
dilakukan adalah berdiskusi dengan para guru SDN NO. 164/IX Tanjung Lebar untuk
memperbaiki Aplikasi Penilaian. Bagian Aplikasi Penilaian yang
diperbaiki adalah memperjelas data
yang terdapat di dalam Aplikasi Penilaian.
Untuk keberhasilan dipandang
dari tingkat penulisan 56% (kurang Dari 95 % )
yaitu masuk 2 kali dari 3 kali pertemuan.
D. Hasil Siklus II
Setelah
peneliti mengamati dan melaksanakan siklus II penilaian yang diperoleh dari
kelayakan Aplikasi Penilaian diperoleh skor rata - rata, 75,83 yang rinciannya dapat dilihat dari tabel di bawah ini.
Tabel 2 Hasil Rekapitulasi Lembar Validasi Aplikasi Penilaian Siklus II
No
|
Nama Guru
|
Pretes
|
Nila Formatif
|
||
Siklus I
|
Siklus II
|
||||
1
|
Rita.B,S.Pdi
|
70,00
|
75,00
|
85,00
|
|
2
|
Cicilia sri Rahayu, S.Pd
|
65,00
|
70,00
|
75,00
|
|
3
|
Efrelisnawati, S.Pd
|
55,00
|
65,00
|
70,00
|
|
4
|
Erman, S.Pd
|
60,00
|
68,00
|
70,00
|
|
5
|
Irawan, S.Pd
|
56,00
|
68,00
|
75,00
|
|
6
|
Sri Wahyuni, S.Pd
|
60,00
|
70,00
|
80,00
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-Rata
|
61,00
|
69, 33
|
75, 83
|
|
|
Kualifikasi
|
Cukup
|
Cukup
|
Baik
|
|
Sedangkan untuk kinerja guru pada
siklus II ini didapatkan skor prosentase 100% yaitu masuk 6 kali pertemuan
selama 3 Bulan hal ini sesuai indicator keberhasilan dapat dikatakan bahwa kinerja
guru berhasil dari aspek Aplikasi
Penilaian yang didasrkaan pada prosentase Aplikasi Penilaian.
Setelah melaksanakan siklus II ini refleksi
yang dilakukan peneliti adalah memberi motivasi pada para guru SDN NO. 164/IX Tanjung Lebar agar menyempurnakan terus Aplikas Penilaian ini secara terus menerus dan
displin dalam mengajarnya. Karena
dilihat dari tingkat keberhasilan dari observasi Aplikasi Penilaian (silabus) dan tingkat keberhasilan sudah memenuhi dan keterbatasan waktu maka
penelitian tindakan ini hanya pada sampai siklus II saja. Namun penelitian ini
masih bisa dilanjutkan lagi mungkin dilihat dari aspek lain, mungkin dari
efektifitas pembelajarannya, kelengkapan literaurnya, dan atau kelengkapan
sarana dan prasarananya.
E. Pembahasan
Pembahasan yang dapat dibahas pada
penelitian tindakan sekolah ini adalah dengan mengadakan deskripsi pelaksanaan Aplikasi Penilaian,
perbaikan silabus tiap siklus, dan
peningkatan kedisiplinan guru maka penerapan Aplikasi Penilaian.
Deskripsi diberikan karena penerapan Aplikasi Penilaian SDN NO.164/IX
Tanjung Lebar ini dapat menjadi contoh untuk
pelaksanaan daerah lain yang mempunyai Aplikasi Penilaian unggulan. Sedangkan perbaikan
silabus penting diadakan untuk peningkatan pembelajaran Aplikasi Penilaian sendiri
dan untuk kedisiplinan adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh para guru.
F. Hasil Angket
|
Rekapitulasi Reaksi Guru dengan Adanya Aplikasi Penilaian SDN NO.164/IX Tanjung Lebar
Tabel 1. Reaksi pertama Guru tentang adanya Aplikasi Penilaian
No.
|
JAWABAN
|
JUMLAH
|
|
Σ
|
%
|
||
1.
|
Senang
|
|
3
|
2.
|
Biasa Saja
|
2
|
|
3.
|
Tidak Senang
|
1
|
|
Grafik 1. Reaksi Guru dengan Adanya Aplikasi penilaian.
|
2. Rekapitulasi Guru yang
menjawab tentang rasa ketertarikan untuk mempelajari Aplikasi
Penilaian.
Tabel 2 Rasa Kertarikan Guru untuk Belajar dan
Mengetahui Aplikasi Penilaian setelah
belajar
No.
|
JAWABAN
|
JUMLAH
|
|
Σ
|
%
|
||
1.
|
Ya
|
6
|
100
|
2.
|
Tidak
|
|
|
Grafik
2. Rasa Ketertarikan Guru untuk mempelajari Aplikasi
Penilaian SDN NO. 164/ IX Tanjung Lebar
|
3. Rekapitulasi
Guru yang
menjawab tentang Aplikasi Penilaian ( 100 % )Tabel 3.
Profesional Tidaknya penelitian
No.
|
JAWABAN
|
JUMLAH
|
|
Σ
|
%
|
||
1.
|
Ya
|
6
|
100
|
2.
|
Tidak
|
|
|
Grafik 3. Profesional Tidaknya
Kepala Sekolah Pengajar Aplikasi Penilaian
SDN NO. 164/ IX Tanjung Lebar
|
4. Jadwal Kegiatan Penelitian
NO
|
KEGIATAN
|
PEBRUARI
|
MARET
|
APRIL
|
|||||||
MINGGU KE
|
MINGGU KE
|
MINGGU KE
|
|||||||||
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Pembuatan Proposal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Pembuatan Perangkat dan Instrumen
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Pretes
|
|
|
X
|
X
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Siklus II
|
|
|
|
X
|
X
|
|
|
|
|
|
5.
|
Siklus II
|
|
|
|
|
X
|
X
|
|
|
|
|
6.
|
Penulisan Laporan
|
|
|
|
|
|
|
X
|
X
|
|
|
BAB V
HASIL DAN PEMBAHASAN
KESIMPULAN
•
Pertama,secara proses peningkatan
pengetahuan dan kemampuan dalam Aplikasi
penilaian yang masing – masing siklus ( nilai dari 55 s/d 85 ).
•
Dari aspek produk hasi pengamatan pelaksanaan
praktek terjadi peningkatan kemampuan guru SDN NO. 164/IX Tanjung Lebar dalam
melaksananakan format Aplikasi penilaian.
SARAN - SARAN
•
Untuk menuntaskan perangkat penilaian Aplikasi
guru SDN NO. 164/IX Tanjung Lebar maka perlu pembinaan secara teratur dan
sistimatis oleh pengawas (Kepala Sekolah ) ,karena itu diperlukan dukungan
penuh dari personil sekolah.
•
Apabila perangkat penilaian sudah tuntas maka
perlu dilanjutkan dengan pengamatan dan evaluasi dalam kelas,sejauh mana guru
SDN NO. 164/IX Tanjung Lebar dapat menerapkan
•
Untuk dapat melaksanakan penilaian yang sesuai
prinsip prisip penilaian,guru SDN NO. 164/IX Tanjung Lebar perlu menyiapkan ,leptob dan menyusun bahan
penilaian yang tepat melalui pembinaan pengawas dengan koordinasi kepala
sekolah.
Ø Daftar Pustaka
·
ARIF
( tim edukom ).Microsoft Excel ,jl.Nana Raya No. 1 Jakarta.2003
·
M.S.maggie
Key,Berkenalan dengan Windiws ,cv andi offset,yokyakarta,th 2001.
·
M.S.maggie
key ,Berkenaan dengan pengolah kata , cv andi offset,yokyakarta,th 2007.
·
M.S.maggie
key,Berkenaan dengan lembar kerja , cv andi offset,yokyakarta,th 2007.
·
Joko
widiyanto,Berkenaan dengan pengolah Data , cv andi offset,yokyakarta,th 2007.
·
Woro
vidya Ayuningtyas, cv andi offset,yokyakarta,th 2007.
LEMBAR OBSERVASI APLIKASI PENILAIAN
A.
Tujuan
Tujuan penggunaan lembar validasi ini adalah mendapatkan
penilaian dari peneliti untuk mengetahui bahwa Aplikasi penilaian yang dibuat pengawas dan kepala sekolah layak diujicobakan.
B.
Petunjuk
1.
Peneliti memberikan penilaian
masing-masing aspek pada kolom skor lembar validasi
2.
Penilaian yang diharapkan
hendaknya antara nilai 10 sampai dengan nilai 100.
3.
Makna angka penilaian adalah 55 (tidak valid), 56 (kurang valid), 60 (cukup valid), 70 (valid).
TABEL PENILAIAN
Pertanyaan
|
Skor
|
1. Apakah dalam Aplikasi penilaian
yang dibuat para peneliti kompetensi dasar dinyatakan dengan jelas ?
|
|
Saran : .........................................................................................
|
|
2. Apakah dalam silabus yang dibuat para peniliti materi pokok pembelajaran dinyatakan dengan
jelas ?
|
|
Saran : .........................................................................................
|
|
3. Apakah dalam silabus yang dibuat para peneliti kegiatan pembelajaran
dinyatakan dengan jelas ?
|
|
Saran : .........................................................................................
|
|
4. Apakah dalam silabus yang dibuat para peneliti Indikator pembelajaran
dinyatakan dengan jelas ?
|
|
Saran : .........................................................................................
|
|
5. Apakah dalam silabus yang dibuat para peneliti penilaian pembelajaran
dinyatakan dengan jelas ?
|
|
Saran : .........................................................................................
|
|
6. Apakah Aplikasi penilaian yang
dibuat para guru dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum
?
|
|
Saran : .........................................................................................
|
|
7. Apakah Aplikasi penilaian yang
dibuat peneliti dalam pembelajaran
tidak lagi mencari tingkat
kesulitan soal-soal ?
|
|
Saran : .........................................................................................
|
|
8. Apakah dengan Aplikasi penilaian yang dibuat peneliti, guru tidak mengalami kesulitan
dalam memberikan materi pelajaran ?
|
|
Saran : .........................................................................................
|
|
9. Apakah
materi dalam Aplikasi penilaian yang dibuat peneliti dikembangkan secara berurutan sehingga tidak
membingungkan penilaian ?
|
|
Saran : .........................................................................................
|
|
10.
Apakah Aplikasi penilaian yang dibuat peneliti mempunyai bentuk yang
bagus?
|
|
Saran : .........................................................................................
|
|
11. Apakah Aplikasi penilaian yang dibuat peneliti tersedia tugas Guru yang cukup dan
tidak berlebihan serta mudah dipahami ?
|
|
Saran : .....................................................................................................
|
|
12. Apakah silabus yang
dibuat para guru menyediakan tugas / kegiatan yang
dapat membangun pengetahuan siswa ?
|
|
Saran : .........................................................................................
|
|
13. Apakah tugas pada Aplikasi penilaian yang
dibuat peneliti dapat diselesaikan
dalam waktu yang tersedia ?
|
|
Saran : .........................................................................................
|
|
14. Apakah Aplikasi penilaian yang dibuat peneliti menggunakan bahasa yang baik dan benar ?
|
|
Saran : .........................................................................................
|
|
15. Apakah Aplikasi penilaian yang dibuat peneliti menggunakan warna yang menarik ?
|
|
Saran : .........................................................................................
|
|
Tanjung Lebar,30 April 2013
Peneliti
KADRIZAL,S.Pd
NIP: 196803231992031006
No comments:
Post a Comment