Friday 8 November 2013

LAMPIRAN PANDUAN TUGAS MANDIRI PETRIANI DIKLAT DASAR PENDIDIKAN TK



LAMPIRAN PANDUAN TUGAS MANDIRI

Lampiran 1

Jadwal kegiatan pelaksanaan tugas mandiri

NO
TANGGAL
KEGIATAN
1
18 – 9 -2023
Menyiapkan  alat –program -  buku penilaian  – RKM –RKH – PKBKKW –tempat kegiatan pembelajaran –alat dan bahan  untuk kegiatan –guru pendamping
2
19 – 9 - 2013
Mengamati  dan menjelas isian  dari  RKH
3
20 – 9 - 2013
menyiap kan dan menata alat yang akan kita mainkan
4
21 – 9 - 2013
Melaksanakan kegiatana belajar
5
23 – 9 - 2013
Mengamati dan memasukan kebuku penilaian perkembangan anak.
6
26 – 9 - 2013
Daftar menu terlampir
7
25 – 9 - 2013
Menata makanan dengan baik dan rapi
8
26 – 9 - 2013
Mmberi makan bubur kacang hijau dan minum
9
27 – 9 - 2013
Agar anak dapad anak  bermain bersama dengan sopan
10
28 – 9 - 2013
Alat atau bahan yang dibuat oleh Guru
11
30 – 9 - 2013
Main peran Pakaian Ibu
12
01 – 10 - 2013
Tema Kebutuhan,Sub Tema pakaian ku
13
02 – 10 - 2013
      -     Membatik dan jumputan ( F 51 )
-          Memasakan gambar baju ( K24 )
-          Menuliskan kalimat ( B 3 )
14
03 – 10 - 2013
Pertama anak datang ,Guru menyambut dengan menyalami anak
15
04 – 10 - 2013
Sebelum kegiatan belajar di mulai guru mengawasi anak bermain bebas
16
05 – 10 - 2013
Setiap hari Sabtu kegiatan senam bersama
17
07 – 10 - 2013
Setelah kegiatan senam,Guru memberi pengarahan untuk kegiatan berikut
18
08 – 10 - 2013
Anak diajak bermain sebagai pemanasan
19
09 – 10 - 2013
Memberi nasihat yang akan dilaksanakan selanjutnya
20
10 – 10 - 2013
Memberi cara mencuci tangan dengan baik dan belajar antri atau sabar.
21
11 – 10 - 2013
Cara  mandi dan Menyikat gigi dengan baik
22
12 – 10 - 2013
Menunjukkan tempat yang untuk buang air besar dan kecil
23
14 – 10 - 2013
Menimbang berat badan
24
16 – 10 - 2013
Mengukur tinggi bandan
25
17 – 10 - 2013
Penyelesaian laporan kegiatan dan Melaporkan


Ujung Tanjung,  08   Oktober 2013
      Mengetahui/
Pengelola / Kepala                                                      Pendidik dan pengasuh





PETRIANI,S.Pd                                                           PETRIANI,S.Pd
NIP. 196802052007012032                                      NIP. 196802052007012032
Pelaksanaan Tugas Mandiri Hari 1-5
Lampiran 2
Hari Tanggal : selasa  24 – 09- 2013
Kelompok Usia : 5 – 6  Tahun


KEGIATAN
           PERAN PENDIDIKA/PENGASUH
HASIL ,KEGIATAN ( POHTO KEGIATAN  ( LAMPIRKAN )
Identitas kebutuhan
Pembelajaran pembelajaran tugas mandiri ( sarana prasarana,lingkungan belajar, administrasi pembelajaran dan penyelenggaraan
Menyiapkan  alat –program -  buku penilaian  – RKM –RKH – PKBKKW –tempat kegiatan pembelajaran –alat dan bahan  untuk kegiatan –guru pendamping
Terlampir
Observasi penyusunan RKH
Membuat sesuai tema ,menentukan tema,menyusun kegiatan sesuai dengan tujuan indikator
Terlampir
Persiapan lingkungan bermain
Sebelum materi di mulai anak di ajak bermain ,bernyanyi, dan bertepuk tangan
Terlampir
Pelaksanaan KBM
Menjelaskan kegiatan sesuai dengan indikator  
Terlampir
Penyusunan instrumen Evaluasi perkembangan anak
Membuat instrumen Evaluasi perkembangan anak, dan tanya jawab
Terlampir


                                                            Ujung Tanjung,  17 Oktober 2013
      Mengetahui/
Pengelola / Kepala                                                      Pendidik dan pengasuh





PETRIANI,S.Pd                                                           PETRIANI,S.Pd
NIP. 196802052007012032                                      NIP. 196802052007012032











Pelaksanaan Tugas Mandiri Hari 1-5
Lampiran 3
Hari Tanggal :  Kamis 26 – 09- 2013
Kelompok Usia : 5 – 6  Tahun

KEGIATAN
PERAN PENDIDIKA/PENGASUH
HASIL (LAMPIRKAN DOKUMEN PENDUKUNG POTHO )
Mengidentifikasi makanan
Dan minuman sehat dan
Bergizi dengan cermat
Daftar minum
-          Kacang hijau (Tgl  02-10-2013
-          Soto ( Tgl  09-10-2013
-          Telor rebus ( Tgl .16-10-2013 )
-          Bubur sun/ susu ( Tgl . 23 -10- 2013
-          Sop ayam ( Tgl . 30 -10- 2013 )

TERLAMPIR
Menyiapkan makanan dan minuman dengan tepat

Guru Menyiapkan makanan dan minuman dengan tepat

TERLAKSANA
Memberi makan dan minum

Guru melaksanakan Memberi makan dan minum

TERLAKSANA







                                                                                Ujung Tanjung,  17 Oktober 2013
      Mengetahui/
Pengelola / Kepala                                                      Pendidik dan pengasuh





PETRIANI,S.Pd                                                           PETRIANI,S.Pd
NIP. 196802052007012032                                      NIP. 196802052007012032










Lampiran  4     
                                            Tugas Mandiri Hari  6 – 9

RANCANGAN KEGIATAN BERMAIN

        Kompetensi/Tujuan:

1)      Membatik dan jumputan ( F 51 )
2)      Memasakan gambar baju ( K24 )
3)      Menuliskan kalimat ( B 3 )
4)      Mengelompokkan gambar seragam sekolah ( K 23 )
5)      Peger penting ( F 38 )
6)      Menulis kalimat ( B 3 )
7)      Membedakan dan membuat dua kumpulan benda yang sama dan tidak sama,lebih banyak dan lebih  sedikit ( K 16 )
8)      Melipat baju dari kertas warna ( P 29 )
9)      Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederaha dengan simbol yang di lambangkan (  B 12 )
10)  Menjahit rok dari kertas ( F 32 )
11)  Mengukur panjang dengan jengkal ,lidi dan pengaris  (k. 18 )
12)  Meniru kembali 4 sampai 5 urutan kata  ( b.2 )
13)  Mengerjakan  maze / Mencari jejak   (  K 6 )
14)  Mencocok bentuk ( F 30 )
15)  Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkan  ( B 12 )


Alat dan Bahan
1.      Kertas tisu,Spidol.Lem,Kertas Perkat
2.      Gambar Baju,Pensil
3.      Bacaan   Baju,Pensil
4.      Pensil,pewarna
5.      Kertas dan bermacam warna,lap tangan ,air
6.      Pensil ,gambar
7.      Gambar dan pensil
8.      Kertas lipat,lem, kertas perkat
9.      Gambar,pensil
10.  Kertas lipat,pelobang kerta ,tali rapia,lem dan kertas perkat
11.  Gambar,pensil
12.  Pensil,buku Tukis
13.  Gambar ,Bahan pewarna dan pensil
14.  Kertas lipat yang sudah di gambar,jarum, lem ,kertas perkat
15.  Gambar dan pensil

 Media
1.      Gambar batik pola daun dan lingkaran
2.      Gambar memasang benda sesuai dengan pasangan ( gbr baju dan celana).
3.      Gambar peger peting
4.      Mmelipat gambar baju
5.      Menjahit rok dan jelana kertas  lipat
6.      Gambar maze
7.      Mencocok gambar topi

Materi Pengasuhan  :

Tema 
v  Kebutuhan ku

Sub Tema
v  Pakaian

 Konsep yang disampaikan :

1)      Membatik dan jumputan ( F 51 )
2)      Memasakan gambar baju ( K24 )
3)      Menuliskan kalimat ( B 3 )
4)      Mengelompokkan gambar seragam sekolah ( K 23 )
5)      Peger penting ( F 38 )
6)      Menulis kalimat ( B 3 )
7)      Membedakan dan membuat dua kumpulan benda yang sama dan tidak sama,lebih banyak dan lebih  sedikit ( K 16 )
8)      Melipat baju dari kertas warna ( P 29 )
9)      Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederaha dengan simbol yang di lambangkan (  B 12 )
10)  Menjahit rok dari kertas ( F 32 )
11)  Mengukur panjang dengan jengkal ,lidi dan pengaris  (k. 18 )
12)  Meniru kembali 4 sampai 5 urutan kata  ( b.2 )
13)  Mengerjakan  maze / Mencari jejak   (  K 6 )
14)  Mencocok bentuk ( F 30 )
15)  Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkan  ( B 12 )

                                                                          





                                                        Ujung Tanjung,  19 September  2013
      Mengetahui/
Pengelola / Kepala                                                      Pendidik dan pengasuh




PETRIANI,S.Pd                                                           PETRIANI,S.Pd
NIP. 196802052007012032                                      NIP. 196802052007012032









Pelaksanaan Tugas Mandiri Hari 10-15

Lampiran . 5

Uraian Kegiatan
           PERAN PENDIDIKA/PENGASUH
Temuan
( masalah dan Solusi )
1 . Penyambutan Anak
Tersenyum ,menyalami
Menangis solusi menanyakan apa sebab
2 . Bermain bebas
Guru mengawasi anak bermain bebas
Rebutan mainan,memberi nasihat bermain dengan baik
3 . Senam
Guru dan anak bersama sama senam
Malas gerak .memberikan penjelas  keuntungan senam
4 . Pejakkan Sebelum Bermain
Sebelum bermain guru memberikan penjelasan yang akan dirmain
Ribut solusi mentertipkan anak
5 . Pejakkan Saat Bermain
Guru mengawasi saat anak bermain
1 anak malas melakukan,solusi membimbing anak tersebut.
6 . Pejakkan Setelah Bermain
Guru membenahi kegiatan anak yang sudah dilaksanakan
1 anak ,belum baik melakukan permaianan,solusi diadakan pengarahan





                                                                           Ujung Tanjung,  26 – 09- 2013
      Mengetahui/
Pengelola / Kepala                                                      Pendidik dan pengasuh





PETRIANI,S.Pd                                                           PETRIANI,S.Pd
NIP. 196802052007012032                                      NIP. 196802052007012032








Lampiran 6                                                              Tugas Mandiri Hari  16 – 24

Hari Tanggal : selasa  10 – 10- 2013
Kelompok Usia : 5 – 6  Tahun

KEGIATAN
           PERAN PENDIDIKA/PENGASUH
ALAT DAN BAHAN
-          Membantu anak mencuci tangan
-          Mengajarkan anak mencuci tangan dengan baik,dan antri
-          Air,Sabun,Lap tangan
-          Memandikan anak/membantu anak menyikat gigi
-          Mengajarkan anak cara mandi,dan menyikat gigi yang baik
-          Ais, Sabun, Sikat gigi,Odol
-          Membantu anak Toilet training (BAB/BAK )
-          Guru Memberi tahu tentang cara buang air besar dan air kecil yang baik di WC.
-          Air,Timba,WC
-          Menimbang berat badan / Mengocok kartu  KMS
-          Guru menimbang berat badan anak,dan menulis dalam kartu KMS.
-          Timbangan,dan Kartu KMS
-          Mengukur tinggi badan / Mengecek kartu KMS
-          Guru mengukur tinggi badan anak,dan menulis sesuai dengan ukuran  badan anak dalam kartu KMS.
-          Meter,dan Kartu KMS






                                                                   Ujung Tanjung,  10 Oktober  2013
      Mengetahui/
Pengelola / Kepala                                                      Pendidik dan pengasuh




PETRIANI,S.Pd                                                           PETRIANI,S.Pd
NIP. 196802052007012032                                      NIP. 196802052007012032





















KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa Tugas Mandiri panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya dan Shalawat dan salam senantiasa dilimpahkan keharibaan junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa risalah kebenaran dalam menegakkan kalimatullah. syukur atas anugerah yang tiada terkira berupa kesempatan yang diberikan kepada Saya untuk membuat tugas mandiri Diklat berjenjang tingkat dasar IGTK-PGRI YANG BERTEMA KEBUTUHANKU , SUB TEMA PAKAIAN DI TK TUNAS BANGSA UJUNG TANJUNG KECAMATAN BAHAR SELATAN KABUPATEN MUARO JAMBI.
Sebagai salah satu syarat untuk Laporan tugas mandiri dari DIKLAT Berjenjang tingkat dasar di Prpvinsi Jambi pada tanggal 13 / 17 September 2013. Banyak hambatan yang menimbulkan kesulitan dalam penyelesaian tugas mandiri ini, namun berkat bantuan dan dorongan dari berbagai pihak akhirnya kesulitan-kesulitan yang timbul dapat teratasi. Untuk itu pembuatan tugas mandiri  ingin mengucapkan terima kasih kepada:
1.          Bapak Dr.Idham Kalek,SE.m.m  selaku kabid paudni Provinsi jAMBI
2.         Para tutor diklat berjenjang tingkat dasar IGTK-PGRI  Provinsi Jambi.
3.         Ibu ketua IGTK-PGRI Privinsi Jambi
4.         Ibu Jamilah ,S.Pd, Ketua panitia pelaksanaan Diklat berjenjang tingkat dasar IGTK-PGRI Provinsi Jambi.
5.         Peserta Diklat  dan semua pihak yang telah memberikan bantuan dan saran kepada saya sehingga selesainya TUGAS Diklat ini, Semoga kebaikan kalian memdapat balasan dari Allah SWT. Aminnn
        Akhir kata, semoga tugas mandiri Diklat berjenjang tingkat dasar IGTK-PGRI ini dapat di terima dan membawa manfaat bagi kita semua dan akan menjadi amal ibadah.
                                 
                                                                             Ujung Tanjung 17 – 10 - 2013
                                                                           PESERTA  DIKLAT

                                                                           PETRIANI
NIP. 196803231992012032










DAFTAR ISI


Sambutan Direktur Jenderal PNFI                                                                    i
Kata Pengantar                                                                                              ii
Daftar Isi                                                                                                       iii

BAB  I     HAKEKAT ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS                            1
A.      Tujuan                                                                                      1
B.      Pokok Bahasan                                                                         1
C.     Materi                                                                                       2
D.     Evaluasi                                                                                   9
BAB  II    JENIS-JENIS DAN KARAKTERISTIK ANAK BERKEBUTUHAN
               KHUSUS                                                                                     10
A.      Tujuan                                                                                    10
B.      Pokok Bahasan                                                                       10
C.     Materi                                                                                     10
D.     Evaluasi                                                                                 37
BAB  III   METODE DAN STRATEGI DALAM KEGIATAN BERMAIN          39
A.      Tujuan                                                                                    39
B.      Komponen Layanan                                                                 39
BAB  IV   CARA MEMBANTU ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
               (IMPLEMENTATIF)                                                                       42
A.      Tujuan                                                                                    42
B.      Pokok Bahasan                                                                       42
C.     Materi                                                                                     43
D.     Evaluasi                                                                                 50

DAFTAR PUSTAKA
A.   Tujuan
1.    Tujuan Umum
2.    Tujuan Khusus
B.   Sub Pokok Bahasan
1.    Konsep Penyusunan Rencana Pembelajaran
2.    Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pembelajaran
C.   Kata Kunci
Menu Pembelajaran Generik, Tingkat Capaian Perkembangan, Indikator, Tema, Pijakan Main
D.   Materi
1.    Konsep Penyusunan Rencana Pembelajaran
2.    Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pembelajaran
Tahap 1         Menentukan Kelompok Usia Dini
Tahap 2         Menentukan Tingkat Pencapaian Perkembangan dan Indikator  Kemampuan
Tahap 3         Menetapkan Konsep Pengetahuan Yang Akan Dikenalkan dan Materi Kurikulum
Tahap 4         Menetapkan Tema
Tahap 5         Menyusun Rencana Kegiatan Pembelajaran
Tahap 6         Menyiapkan Alat dan Bahan
Contoh pelaksanaan
E.   Evaluasi
F.    Kunci Jawaban
G.   Refensi
            50









































PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Belajar adalah aktifitas merubah perilaku, sejalan dengan pendapat yang mengatakan bahwa : “Belajar sambil bermain merupakan usaha yang dilakukan seseorang melalui interaksi dengan lingkungannya untuk merubah perilakunya”.[1] Dari pengertian tersebut dapat dilihat belajar sambil bermain merupakan suatu proses, bukan hanya melihat tetapi mengalami. Begitu pula dengan proses pembelajaran di TK dimana anak  tidak hanya Semata – mata untuk Bermain tetapi melakukan berbagai bentuk permainan atau perbuatan yang diatur agar dapat membawa mereka untuk menuju dan  mencapai tujuan pembelajaran.
Anak dalam belajar Sambil Bermain seharusnya tidak menimbulkan kegelisahan atau bosan tersebut dikemukakan oleh yaitu sebagai berikut :                         
a.       Guru yang memiliki citra diri positif senantiasa mempunyai inisiatif untuk menggulirkan perubahan positif bagi lingkungan tempat ia berkarya. Perubahan positif tidak hanya terasakan oleh dirinya, namun juga oleh lingkungannya  ( ETIKA DAN KARAKTER PENDIDIK PAUD )
b.       ( Bapak Prof. Hj. NETTI HERAWATI.M.Si ) Perawatan, gizi dan kesehatan sangat penting
c.       ( Bapak T. YULIA B DJUHANA ) Suatu aktivitas yang langsung spontan
di mana seorang anak berinteraksi dengan orang lain, benda-benda di sekitarnya,
dilakukan dengan senang (gembira), atas inisiatif sendiri
d.      ( Ibu Ir. Alhidayati Aziz, M.Si)  Insan Cerdas Komprehensif dan Kompetitif

Untuk menjalankan prinsip-prinsip tersebut dengan baik, maka seorang Pendidik perlu memiliki manajemen diri yang baik pula dalam proses pembelajaran Pendidikan merupakan usaha yang terencana untuk membentuk perkembangan potensi dan kemampuan Pendidikan akan dapat membawa kemajuan bagi setiap individu menjadi manusia yang sempurna.
Fungsi guru sangat dominan dan menentukan, serta mempunyai pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan kualitas pendidikan. Pengaruh dari luar yang terpenting adalah datangnya dari guru dalam kewajibannya sebagai pendidik, bantuan yang diberikan dapat dilihat dari segala sesuatu yang diperbuatnya sehingga anak didik tertarik perhatiannya untuk mengikuti pelajaran. Kreatifitas seorang guru dalam proses pembelajaran mampu menciptakan situasi belajar atau pendidikan yang efektif dan efisien akan dapat merangsang perhatian anak didik di sekolah.
Kejenuhan belajar merupakan suatu bentuk kesulitan yang terkadang diabaikan oleh guru. Gejala-gejala yang sering dialami adalah timbulnya rasa enggan, malas, lesu dan tidak bergairah untuk belajar. Kejenuhan belajar juga dapat menghilangkan suatu kecenderungan, misalnya siswa yang pada mulanya masih belajar dapat menjadi malas belajar karena dihinggapi kejenuhan. Kejenuhan belajar dapat juga menghilangkan suatu kecenderungan yang positif. Mengatasi hal tersebut guru dapat melaksanakan dengan cara menerapkan metode mengajar yang sesuai dengan tepat secara bervariasi. Dengan demikian, dalam menyampaikan mata pelajaran tertentu haruslah menggunakan metode yang sesuai dengan materi pelajaran sehingga dapat menumbuhkan minat atau semangat belajar siswa.
Dengan situasi-situasi ini bisa mengarahkan pada kejenuhan belajar siswa saat belajar di sekolah. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka peserta Diklat mengambil YANG BERTEMA KEBUTUHANKU , SUB TEMA PAKAIAN DI TK TUNAS BANGSA UJUNG TANJUNG KECAMATAN BAHAR SELATAN KABUPATEN MUARO JAMBI..






B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, guru merumuskan masalah sebagai berikut :
1.      Seberapa besar skor hasil belajar Membatik dan jumputan TK Tunas Bangsa Desa Ujung Tanjung Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi?
2.      Seberapa besar skor hasil belajar Memasangkan gambar baju Tunas Bangsa Desa Ujung Tanjung Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi?
3.      Seberapa besar skor hasil belajar menuliskan kalimat Tunas Bangsa Desa Ujung Tanjung Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi?
4.      Seberapa besar skor hasil belajar mengelompokkan seragam sekolah Tunas Bangsa Desa Ujung Tanjung Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi?
5.      Seberapa besar skor hasil belajar peger penting Tunas Bangsa Desa Ujung Tanjung Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi?
6.      Seberapa besar skor hasil belajar menulis kalimat Tunas Bangsa Desa Ujung Tanjung Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi?
7.      Seberapa besar skor hasil belajar membedakan dan membuat dua kumpulan benda yang sama dan tidak sama,lebih dan lebih sedikit Tunas Bangsa Desa Ujung Tanjung Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi?
8.      Seberapa besar skor hasil belajar  melipat baju dari kertas warna Tunas Bangsa Desa Ujung Tanjung Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi?
9.      Seberapa besar skor hasil belajar menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang di lambangkan Tunas Bangsa Desa Ujung Tanjung Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi?
10.  Seberapa besar skor hasil belajar Menjahit rok dari kertas Tunas Bangsa Desa Ujung Tanjung Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi?
11.  Seberapa besar skor hasil belajar Mengukur panjang dengan jengkal,lidi dan penggaris Tunas Bangsa Desa Ujung Tanjung Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi?
12.  Seberapa besar skor hasil belajar Meniru kembali 4 – 5 urutan kata Tunas Bangsa Desa Ujung Tanjung Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi?
13.  Seberapa besar skor hasil belajar Mengerjakan maze / mencari jejak Tunas Bangsa Desa Ujung Tanjung Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi?
14.  Seberapa besar skor hasil belajar Mencocok bentuk gambar topi Tunas Bangsa Desa Ujung Tanjung Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi?
15.  Seberapa besar skor hasil belajar Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan  simbol yang melambangkannya, Tunas Bangsa Desa Ujung Tanjung Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi?
C,   Pemecahan masalah
Agar tidak terjadi kesalah pahaman dalam menjawab permasalahan-permasalahan yang akan diajarkan sama anak didik di atas, serta untuk mengatasi keterbatasan waktu dan kemampuan, maka guru memandang perlu memberi batasan masalah dalam penulisan ini. guru membatasi mengajar ini hanya terfokus pada :
1.      Membatik dan jumputan ( F 51 )
2.      Memasakan gambar baju ( K24 )
3.      Menuliskan kalimat ( B 3 )
4.      Mengelompokkan gambar seragam sekolah ( K 23 )
5.      Peger penting ( F 38 )
6.      Menulis kalimat ( B 3 )
7.      Membedakan dan membuat dua kumpulan benda yang sama dan tidak sama,lebih banyak dan lebih  sedikit ( K 16 )
8.      Melipat baju dari kertas warna ( P 29 )
9.      Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang di lambangkan (  B 12 )
10.  Menjahit rok dari kertas ( F 32 )
11.  Mengukur panjang dengan jengkal ,lidi dan pengaris  (k. 18 )
12.  Meniru kembali 4 sampai 5 urutan kata  ( b.2 )
13.  Mengerjakan  maze / Mencari jejak   (  K 6 )
14.  Mencocok bentuk ( F 30 )
15.  Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkan  ( B 12 )



D .  Penutup
Alhamdulillah akhirnya dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT karena telah memberikan rahmat, taufik dan hidayah Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas Diklat ini.
Harapan dari saya bahwa saya menyadari tugas Diklat ini sangat jauh dari kesempurnaan, dan saya hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Maka dari itu, penuh harapan dan tangan terbuka serta dengan hati yang tulus saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak, semoga Allah selalu memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita semua.
Atas segala sumbang saran dan kritiknya saya ucapkan terima kasih semoga mendapat ridha Allah SWT, penulis mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan tugas mandiri Diklat berjenjang tingkat dasar ini.

                                                                   

                                                                    Ujung Tanjung,17  Oktober 2013
        Peserta Diklat


  PETRIANI,S.Pd
NIP.196802052007012032










DAFTAR ISI
                                                                                                                           Halaman
Kata Pengantar  ..................................................................................................i
Daftar isi        ............................................................................................................ii
BAB I.    PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang  ............................................................................ .................................1
B.     Perumusan Masalah  .................................................................... .................................2
C.     Pemecahan masalah   ................................................................... .................................3
BAB II.    RENCANA KEGIATAN  
A.    RENCANA KEGIATAN MINGGUAN ( RKM )   ............... ....................................4
B.     RENCANA KEGIATAN HARIAN ( RKH )
a.       RKH . Senin ,07-10- 2013  ............................................. ..................................5
b.      RKH . Selasa,08-10- 2013  ............................................. ..................................6
c.       RKH . Rabu ,09-10- 2013     ........................................... ..................................7
d.      RKH . Kamis ,10-10- 2013     ......................................... ..................................8
e.       RKH . Jumat ,11-10- 2013     .......................................... ..................................9

C.    KEGIATAN
1.      Membatik dan jumputan ( F 51 ).................................................................................10
2.      Memasakan gambar baju ( K24 ).................................................................................11
3.      Menuliskan kalimat ( B 3 )...........................................................................................12
4.      Mengelompokkan gambar seragam sekolah ( K 23 )...................................................13
5.      Peger penting ( F 38 )...................................................................................................14
6.      Menulis kalimat ( B 3 ).................................................................................................15
7.      Membedakan dan membuat dua kumpulan benda yang
 sama dan tidak sama,lebih banyak dan lebih  sedikit ( K 16 ).....................................16
8.      Melipat baju dari kertas warna ( P 29 ).........................................................................17
9.      Menghubungkan dan menyebutkan tulisan
sederaha dengan simbol yang di lambangkan (  B 12 ) ................................................18
10.  Menjahit rok dari kertas ( F 32 )....................................................................................19
11.  Mengukur panjang dengan jengkal ,lidi dan pengaris  (k. 18 ).....................................20
12.  Meniru kembali 4 sampai 5 urutan kata  ( b.2 ).............................................................21
13.  Mengerjakan  maze / Mencari jejak   (  K 6 )................................................................22
14.  Mencocok bentuk ( F 30 )..............................................................................................23
15.  Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana
dengan simbol yang melambangkan  ( B 12 ) ..............................................................24


D.    DAFTAR HADIR GURU
a.      Untuk bulan September 2013........................................................................25
b.      Untuk bulan Oktober 2013............................................................................26
BAB III.   PENUTUP............................................................................................. ................................27
BAB IV LAMPIRAN-LAMPRAN  
1.      Jadwal kegiatan pelaksanaan tugas mandiri.................................................................28
2.      Pelaksanaan tugas mandiri 1-5.....................................................................................29
3.      Pelaksanaan tugas mandiri 1-5.....................................................................................30
4.      Pelaksanaan tugas mandiri 6-9.....................................................................................31
5.      Pelaksanaan tugas mandiri 10-15.................................................................................32
6.      Pelaksanaan tugas mandiri 16-24.................................................................................33